Tips Mendatangkan Customer Online ke Bisnis Offline Anda dan Menjadikannya Loyal Customer

tips promosi untuk bisnis offline melalui online

Bisnis online sebenarnya sudah ada sejak dulu, namun jika disesuaikan dengan alur zaman sekarang, bisnis online yang marak dan berkembang adalah pada bidang kuliner, sandang, dan beberapa pernak-pernik harian. Seiring berkembangnya teknologi, maka berkembang pula lah bisnis online. Kemunculan e-commerce seperti Bukalapak, Geraipedia, Shopee, Lazada  dan lain-lain turut memarkan semangat bisnis online. Beberapa pemilik bisnis menutup gerai offline mereka karena pelanggannya lari ke online channel.

Namun adakah cara yang bisa kita lakukan untuk mendatangkan pelanggan online ke gerai offline kita? Agar online dan offline tetap sama sama memberikan keuntungan bagi kita? Tentu saja ada, simak tips berikut untuk mendatangkan pelanggan online ke gerai offline kita

1. Berikan Promo Khusus Belanja di Gerai

Berikan benefit lebih bagi pelanggan Anda yang berbelanja ke gerai dibandingkan dengan berbelanja secara online. Sebagai contoh Anda bisa memberikan merchandise apabila bertransaksi langsung ke gerai atau memberikan diskon khusus. Dengan begitu pelanggan akan merasa lebih diuntungkan jika berbelanja langsung ke gerai dibandingkan melalui online channel.

2. Buatlah Event Menarik

Apabila gerai offline Anda cukup besar buatlah sebuah acara untuk meramaikannya bersama pelanggan Anda. Undanglah pelanggan Anda untuk menghadiri sebuah acara musik atau perayaan ulang tahun gerai Anda. Biarkan pelanggan Anda menikmati suasana saat berkunjung ke gerai Anda, siapa tau mereka tertarik untuk berbelanja langsung di gerai.

3. Hadirkan Pengalaman Berbelanja yang Berbeda di Gerai Anda

Buatlah suatu aktivitas penjualan yang berbeda dari customer journey sebelumnya. Jika sebelumnya mereka hanya datang, melihat lalu memilih barang dan pulang, sisipkan nilai lebih berdasarkan customer journey yang sudah Anda. Misalkan Anda bisa membiarkan customer mencoba produk Anda sebelum membelinya, atau Anda bisa membiarkan pelanggan Anda berkreasi untuk membuat produk custom sesuai keinginannya sendiri di gerai Anda.

4. Manjakan Pelanggan yang Datang ke Gerai Anda

Berikan fasilitas ekstra bagi pelanggan Anda yang datang ke gerai secara langsung. Anda bisa memberikan fasilitas  bagi pelanggan yang sedang menunggu pesanan seperti menyediakan ruang tunggu yang nyaman dengan fasilitas televisi, memberikan komplimen berupa welcome drink atau snack, juga sofa yang nyaman dengan beragam buku bacaan. Buatlah pelanggan Anda nyaman seperti merasa di rumah sendiri.