Strategi Pemasaran yang Bisa Anda Tiru untuk Bisnis Produk Consumer Goods

strategi pemasaran produk consumer goods

Sebelum membahas lebih rinci strategi penjualan yang akan Anda dapatkan, hal pertama yang tak kalah penting adalah Anda  sudah mengerti apa itu consumer goods. Consumer Goods atau biasa juga disebut Fast Moving Consumer Goods (FMCG) yang dalam bahasa Indonesia artinya barang konsumen yang bergerak cepat adalah produk-produk yang dapat terjual secara cepat dengan harga yang relatif murah, dan biasanya merupakan kebutuhan sehari-hari.

Nah dapatkah Anda memberikan contoh barang apa saja yang termasuk ke dalam golongan consumer goods? Yap benar, barang-barang seperti minuman ringan, snack, kosmetik, dan barang-barang kelontong. Menurut Anda usaha apa yang menjajakan FMCG ini? Yap benar, warung kelontong, mini market hingga supermarket, karena industri ritel sangat akrab dengan penjualan jenis barang-barang tersebut.

Saatnya membuat rencana kegiatan pemasaran dengan baik karena persaingan diantara usaha ritel sangat besar. Ditambah lagi dengan pesatnya pertumbuhan penjualan barang ritel pada online marketplace. Terbayang bagaimana pesatnya persaingan untuk usaha ini bukan? Jika Anda pemilik bisnis yang menjalani usaha serupa maka beberapa strategi pemasaran jitu berikut ini akan sangat penting untuk Anda ketahui.

Berikan Harga Grosir

Cara ini adalah salah satu cara untuk meningkatkan penjualan secara quantity, karena semakin banyak kuantitas barang yang dibeli maka akan semakin hemat bagi konsumen. Keuntungan dari cara ini Anda dapat mendatangkan pasar baru karena dapat menjaring banyak konsumen, memutar stok persediaan barang Anda, bahkan mengejar target penjualan.

Free Facility and Service

Berikan semuanya secara cuma-cuma, eits tapi bukan barang dagangan Anda yang digratiskan. Anda dapat menarik konsumen dengan memberikan ekstra kenyamanan dengan memberikan fasilitas layanan parkir gratis, atau gratis biaya kirim dengan limit jarak tertentu hingga memberikan minuman gratis bagi setiap pengunjung yang datang.

Paket Bundling dan Paket Parsel

Jual-lah dua produk atau produk sejenis atau merek berbeda dalam satu paket dan berikan harga yang lebih murah dibandingkan membeli produk-produk tersebut satu persatu. Cara ini adalah salah satu yang sangat disukai oleh konsumen karena melihat dari keuntungan harga yang ditawarkan.

Go online and Grab Customer Offline

Jangan berpikir bahwa jika Anda berjualan secara online maka toko offline Anda tidak diperlukan sehingga Anda mengubahnya hanya menjadi gudang penyimpanan barang. Terjunlah ke online marketplace, promosikan barang dan toko Anda, berikan penawaran menarik seperti harga lebih murah jika datang ke toko Anda atau berikan e-voucher yang dapat ditukarkan secara offline.

Loss Leader

Loss leader adalah cara berpromosi dengan memberikan potongan harga yang sangat miring untuk barang tertentu. Dengan promo ini customer akan tertarik datang ke toko Anda dan berkesempatan untuk membeli barang lainnya.