Sesuai Hobi dan Passion, Ini 5 Cara Buat Dapat Ide Bisnis Online yang Pas

bisnis sesuai hobi

Bicara ide bisnis sih pasti ada banyak pilihan. Namun, bicara ide bisnis yang pas di hati tentu bakal makin menyempit. Apalagi kalau punya passion khususnya di bidang bisnis online.

Meski gak bakal seluas bila Anda gak harus sesuaikan dengan hobi dan passion, bukan berarti gak ada pilihan.

Anda tetap bisa jalankan bisnis online yang sesuaikan hobi dan passion Anda namun tetap berujung sukses. Gimana caranya? Yuk, simak tips berikut ini.

Petakan Hobi dan Kemampuan

Bicara soal kesukaan tentu Anda harus sesuaikan dengan kemampuan Anda. Bukan cuma soal skill melainkan juga soal dana.

Jadi, sebelum Anda jalankan suatu ide bisnis yang Anda inginkan, Anda tetap harus memetakan ide bisnis tersebut. Coba pertimbangkan apakah Anda bisa mengelola usaha tersebut. Meskipun bisnis tersebut didasarkan pada hobi namun tetap saja konotasinya sekarang beda, yaitu bisnis.

Amati Tren

Yang kedua, Anda tetap harus memperhatikan tren terkini. Dengan demikian, Anda bisa sesuaikan strategi ide bisnis online Anda dengan kesenangan pasar.

Jadi idealis memang bagus namun Anda tetap harus menyeimbangkannya dengan mengikuti tren. Bila memang Anda bisa bikin tren baru, tentu itu bakal jadi nilai plus lagi!

Yang pasti, Anda bisa melihat gimana tren beberapa tahun terakhir. Jadi, Anda bisa memetakan strategi selanjutnya.

Riset Produk atau Jasa

Bila sudah temukan ide bisnis yang cocok, Anda bisa riset produk atau jasa yang akan Anda tawarkan pada pelanggan. Anda bisa gunakan beragam tools yang disediakan di Internet untuk melihat ketertarikan calon pelanggan terhadap produk seperti milik Anda.

Beberapa tools tersebut, antara lain Google Adwords Keyword Planner, Google Trend, dan lainnya. Anda bisa lihat total pencairan terhadap produk Anda.

Di lain pihak, Anda pun bisa lakukan survei secara offline pada orang-orang terdekat Anda.

Lihat Kompetitor yang Sudah Ada

Gak ada salahnya untuk lihat dan coba cari apakah Anda sudah punya kompetitor dengan produk atau jasa yang mirip di ranah online. Plus, coba lihat juga apakah ada kompetitor offline.

Untuk apa? Tentu saja untuk lihat seberapa besar kemampuan kompetitor. Kemudian, Anda pun bisa cari tahu apa keunggulan yang belum mereka berikan. Jadi, Anda sebagai “pemain baru” bisa tentukan strategi dan keunggulan baru.

Action

Tentu saja, sekarang saatnya action! Gak ada gunanya Anda baca artikel ini kalau Anda tak lakukan tindakan apapun.

Yuk, segera temukan ide bisnis Anda dan lakukan riset serta lihat kompetitor. Dengan demikian, Anda siap segera merealisasikan ide yang sudah lama ataupun baru Anda temukan tersebut. Yap! Jangan cuma berakhir jadi ide saja ya.