Punya Bisnis Online? Hati-hati Terhadap 5 Kesalahan yang Gak Terpikirkan Ini

kesalahan dalam bisnis online

Bisnis online kini jadi salah satu tren bisnis paling digemari. Gimana gak, bisnis yang dijalankan secara online ini cukup mudah untuk diadopsi. Mereka yang bahkan gak terlalu mengerti dunia online pun bisa terjun untuk coba gimana caranya memasarkan produk mereka secara online.

Meski terlihat mudah, bukan berarti Anda bisa asal-asalan mengelola bisnis yang Anda jalankan secara online ini. Sebab, sering kali kebanyakan pebisnis malah melakukan kesalahan yang sering tidak terpikirkan.

Jadi, biar bisnis online Anda bisa berkembang dan sukses, coba deh untuk hindari kesalahan berikut.

Gak Punya Rencana dan Strategi Bisnis

Mentang-mentang bisnis online terlihat mudah, Anda menganggap rencana dan strategi bisnis gak terlalu dibutuhkan. Akhirnya, Anda cuma membuat rencana dan strategi yang umum banget. Padahal, setiap bisnis dengan produk maupun jasanya tentu butuh rencana dan strategi yang berbeda-beda pula, kan?

Mulai sekarang, hindari kesalahan ini, Anda bisa memperlakukan bisnis online seserius mungkin. Anda bisa mulai dengan perencanaan dan strategi yang matang untuk melakukan bisnis ini, sekecil apapun skalanya.

Gak Pede Sama Produk atau Jasa Sendiri

Menjadi terlalu sombong dengan produk maupun jasa sendiri tentu gak baik. Akan tetapi, gak pede alias gak percaya diri terhadap produk dan jasa yang Anda miliki pun jauh lebih gak baik.

Namanya juga jualan, tentu Anda harus memberi tahu pelanggan mengenai keunggulan produk Anda. Ini termasuk pula percaya diri pada kemampuan Anda untuk mengelola bisnis ini, lho.

Buang jauh-jauh sikap terlalu merendahkan diri. Ingat rendah diri berbeda dengan rendah hati.

Terlalu Banyak ‘Bakar Uang’

Mentang-mentang baru dapat dana dari investor maupun bank, Anda pun merasa mudah untuk lakukan apapun demi membesarkan bisnis. Atau, karena uang yang Anda gunakan adalah uang sendiri, Anda merasa tak apa buat ‘bakar uang’.

Misalnya, Anda terlalu menghamburkan uang untuk promosi serta menambah peralatan gak terlalu urgen untuk bisnis Anda tersebut.

Cobalah untuk menghemat dan alokasikan dana sebaik mungkin, karena tidak semua uang yang keluar tersebut bakal kasih efek yang bagus buat bisnis Anda.

Gak Punya Catatan Keuangan

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, karena gak punya catatan keuangan maka sering kali Anda jadi menghamburkan uang.

Khusus buat Anda yang buka toko online maupun jualan jasa, ada baiknya Anda bikin catatan transaksi per harinya. Dengan demikian, Anda tahu berapa pemasukan per hari. Anda pun lebih mudah untuk hitung pemasukan per bulan.

Dengan begitu, Anda bisa hitung apakah Anda untung atau rugi jika dibandingkan dengan pengeluaran yang Anda gelontorkan.

Gak Mementingkan Servis dan After-Sales pada Pelanggan

Kesalahan ini khususnya sering terjadi pada mereka yang membuka toko online. Terlalu sibuk untuk jualan produk akhirnya malah lupa untuk mementingkan kualitas servis pada pelanggan. Selain itu, Anda pun bisa jadi lupa untuk follow-up pelanggan.

Ingat! Produk dengan kompetitor boleh sama. Namun, yang membedakan Anda dengan kompetitor adalah kualitas layanan yang Anda berikan. Hal tersebut jadi nilai plus.

Jadi, jangan lalai lagi ya! Paparan kesalahan dalam bisnis online yang sudah disebutkan di artikel ini bisa Anda hindari sejak sekarang.