Dapatkan strategi terbaru berjualan online untuk meningkatkan penjualan 3x lebih banyak

Proses Pembuatan dan Pemilihan Nama untuk Bisnis yang akan Anda Bangun

Membuat Nama Brand

Terkesan simple, mudah, bahkan mungkin tidak penting, namun nyatanya sebuah nama dalam bisnis menjadi salah satu identitas yang pertama kali diingat. Sama halnya dengan nama pribadi Anda, nama sebuah bisnis bisa mencerminkan citra atau gambaran umum dari bisnis tersebut. Untuk itu Anda perlu mempertimbangkan secara matang dan hati-hati dalam menentukan sebuah nama.

Dalam menentukan nama bisnis, ada beberapa hal yang bisa diperhatikan agar nama bisnis Anda tepat dan sesuai kebutuhan.

Jangan Terlalu Rumit, Pilihlah Nama Sesederhana Mungkin

Agar selalu diingat oleh market, buatlah nama bisnis yang sederhana dan tidak terlalu rumit. Pastikan nama bisnis Anda mudah diingat, mudah diungkapkan, dan mudah ditulis oleh market yang belum mengetahui bisnis Anda.

Pemilihan nama yang tidak rumit akan mempengaruhi banyak faktor, diantaranya, mudah diingat oleh setiap orang, mudah untuk dilakukan pencarian melalui internet, dan akan memudahkan orang-orang dalam mempromosikan nama bisnis Anda kepada market yang lebih luas. Dalam teknologi kesederhanaan nama juga akan sangat memudahkan Anda dalam proses pembelian domain untuk website bisnis Anda.

Agar tidak rumit, pastikan menghindari nama-nama yang sulit dieja. Misalnya dengan menggabungkan beberapa huruf konsonan sekaligus, menggabungkan dengan angka yang terlalu banyak dan atau menggunakan nama yang memiliki arti negatif.

Pastikan Nama yang Anda Buat Mampu Menggambarkan Bisnis Anda Secara Umum

Idealnya nama brand Anda harus mampu merepresentasikan produk atau layanan yang Anda tawarkan. Pemilihan nama yang disesuaikan dengan segmentasi bisnis bisa membantu perusahaan menjelaskan bisnis apa yang sedang dikerjakan perusahaan tersebut. Hal ini bisa dibantu juga melalui pembuatan logo, ikon, maskot, atau materi branding lainnya.

Anda juga perlu melakukan research yang lebih mendalam, baik terkait arti, filosofi dan hal lain yang mampu menjelaskan nama brand yang Anda buat.

Buatlah Daftar Nama Sebanyak-Banyaknya untuk Dilakukan Pemilihan

Untuk mempermudah dalam menentukan sebuah nama, buatlah daftar nama sebanyak-banyaknya, bisa dari ide yang keluar dari kepala Anda, dari internet dan juga referensi dari orang-orang yang Anda kenal. Dengan minta referensi dari orang terdekat bisa menjadi salah satu cara untuk mengumpulkan ide yang menarik, karena satu nama atau kata memiliki gambaran yang berbeda-beda di pemikiran orang-orang.

Setelah daftar dibuat, cobalah untuk mempresentasikan semua nama tersebut. Lalu pilihlah nama yang terdengar atau terasa nyaman ketika diucapkan.

Ada pertanyaan atau komentar?

Your email address will not be published. Required fields are marked *