Dapatkan strategi terbaru berjualan online untuk meningkatkan penjualan 3x lebih banyak

Pertanyaan yang Harus Anda Jawab dalam Memulai Bisnis untuk Pertama Kalinya

Memulai Bisnis untuk Pertama Kalinya

Saat Anda ingin memulai menjalankan sebuah bisnis, tentu akan ada perasaan yang berkecamuk dalam diri Anda. Sebut saja salah satunya perasaan khawatir bisnis tidak berjalan dengan baik, tidak bisa diterima pasar atau mungkin gagal saat baru memulai.

Tidak usah khawatir, hal ini menjadi hal yang wajar bagi sebagian orang yang baru memulai bisnis. Namun untuk meningkatkan keyakinan bahwa Anda tidak salah ambil keputusan, Ada beberapa pertanyaan yang bisa diajukan pada diri sendiri yang harus Anda jawab saat itu juga.

Apa Alasan Saya Memulai Bisnis ini?

Pertanyaan paling fundamental yang harus Anda jawab terlebih dahulu adalah apa alasan Anda memulai bisnis ini?  Jawaban dari pertanyaan ini adalah tentang tujuan yang sebenarnya ingin Anda capai dalam memulai bisnis. Karena tidak banyak alasan seseorang memilih untuk berbisnis, bisa karena merasa bosan menjadi pegawai atau karena hasrat ingin mendapatkan kepuasan dengan berbisnis.

Semua alasan akan bergantung pada diri Anda. Namun agar Anda terus maju, pastikan Anda menentukan tujuan yang tepat. Tanyakan juga, apakah bisnis ini akan mengantarkan Anda pada tujuan tersebut atau tidak? Apakah bisnis ini akan membuat Anda berkembang atau tidak?

Siapa Target Market yang Tepat untuk Bisnis Saya?

Di tahap-tahap awal saat Anda menemukan ide dan memvalidasinya menjadi sebuah kerangka bisnis, pertanyaan ini menjadi pertanyaan yang wajib Anda lontarkan. Namun, hal ini tidak menjadi masalah besar jika pertanyaan ini ditanyakan kembali sebelum Anda memulai bisnis. Tujuannya adalah untuk membuat Anda yakin bahwa ide bisnis Anda menemukan sasaran yang tepat.

Apa Strategi Pertama Anda untuk Memulai Bisnis ini?

Sebagai sebuah bisnis yang belum diketahui oleh banyak orang atau market yang Anda sasar, strategi menjadi penting untuk dilakukan. Tanyakan, bagaimana Anda akan memperkenalkan bisnis Anda ke seluruh target market? Channel digital apa saja yang akan Anda optimasi? Dan jenis promosi atau campaign seperti apa yang akan Anda lakukan untuk menarik pelanggan pertama Anda? Jawab pertanyaan-pertanyaan tersebut secara detail!

Apa yang Menjadi Kekuatan Bisnis Saya dan Tidak Dimiliki Oleh Kompetitor?

Sebuah bisnis baru bukan berarti tidak akan ada kompetitor, setiap bisnis pasti selalu dihadapkan dengan kompetisi. Anda harus menyadari hal itu. Untuk memulai berkompetisi, Anda harus menentukan dan menanyakan tentang apa yang menjadi kekuatan atau kelebihan bisnis Anda dibanding dengan bisnis yang sejenis lainnya?

Pastikan Anda menemukan semua jawaban dari pertanyaan di atas, jika salah satunya tidak Anda temukan, maka Anda harus menunda memulai bisnis baru Anda.

Ada pertanyaan atau komentar?

Your email address will not be published. Required fields are marked *