Dapatkan strategi terbaru berjualan online untuk meningkatkan penjualan 3x lebih banyak

Perbedaan Antara SEO On Page dan Off Page, Serta Mengetahui Cara Kerjanya

perbedaan seo on page dan seo off page

Strategi optimasi mesin pencari Anda dapat dibagi menjadi dua kategori yang berbeda namun punya tujuan yang sama yaitu untuk meningkatkan rangking di mesin pencari. Kedua kategori ini adalah : SEO on page dan SEO off-page.

Keduanya sangat penting untuk keberhasilan kampanye SEO, tetapi mereka berada di sisi yang berbeda untuk meningkatkan peringkat mesin pencari Anda. Untuk memahami perbedaan antara keduanya, Anda harus memahami pada tingkat dasar, bagaimana algoritma mesin pencari seperti Google bekerja.

SEO On-page adalah faktor-faktor yang menentukan teroptimasi atau tidaknya website anda terhadap mesin pencari dilihat dari dalam websitenya sendiri. Artinya, anda akan melakukan optimasi di dalam website anda sendiri.

Sedangkan SEO Off-page melihat seberapa otoritatif dan populernya situs Anda di mata mesin pencari. Sederhananya, apa yang Anda rangking sangat ditentukan oleh faktor-faktor di-halaman situs, sementara seberapa tinggi peringkat Anda dalam hasil pencarian sangat ditentukan oleh faktor-faktor di luar halaman.

Apa itu SEO On-Page?

SEO On-page adalah tindakan mengoptimalkan bagian-bagian dari situs web Anda yang mempengaruhi peringkat mesin pencari. Bagian ini adalah hal-hal yang dapat Anda kendalikan dan dapat Anda ubah di situs web Anda sendiri. Berikut adalah bagian penting dari halaman situs yang bisa Anda optimalkan:

1. TAG TITLE

Masukkan keyword yang ingin Anda optimasi pada tag judul setiap halaman di situs Anda. Ada banyak contoh judul terbaik yang bisa dimasukkan ke penulisan tag judul yang efektif.

2. HEADINGS (H1)

Judul atau sub judul biasanya dibuat dalam bentuk heading (kata-kata atau tulisan besar) di awal paragraf halaman, karena mesin pencari memberi mereka rangking sedikit lebih berat daripada salinan halaman Anda yang lain. Merupakan ide yang baik untuk mengolah keyword yang ingin Anda optimasi ke dalam judul setiap halaman web.

3. STRUKTUR URL

Masukkan kata kunci ke dalam URL postingan konten artikel Anda jika memungkinkan. Pastikan tampak natural kontennya dan jangan mengubah semua URL Anda saat ini hanya agar mereka memiliki kata kunci di dalamnya.

4. ALT TEXT UNTUK GAMBAR

Teks alt sebenarnya digunakan oleh perangkat lunak pembaca layar untuk membantu pengguna internet memahami isi gambar Anda. Mesin telusur merayapi gambar dengan cara yang sama, sehingga memasukkan beberapa kata kunci yang relevan sambil mendeskripsikan gambar secara akurat untuk membantu mesin telusur memahami konten laman Anda.

Apa itu SEO Off-Page?

SEO Off-page berfokus pada peningkatan otoritas domain Anda melalui tindakan mendapatkan tautan dari situs web lain. Ada skor yang disebut “Domain Authority” yang menghitung seberapa berotoritas situs web Anda dibandingkan dengan situs lain.

SEO off-page membantu peringkat situs Anda dengan melihat jumlah dan kualitas backlink ke situs web Anda. Beberapa contoh cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat tautan ke situs web Anda adalah:

  • Membuat konten menarik yang membuat orang atau website lain ingin menaruh link Anda di dalam websitenya
  • Share konten Anda ke media sosial atau melalui e-mail untuk menghasilkan tautan
  • Guest blogging ke website atau blog yang sesuai dengan website Anda

Mana yang Lebih Penting?

Ini bukan tentang memilih antara SEO on page dan SEO off page yang akan Anda pilih. Kedua SEO bekerja sama untuk meningkatkan peringkat mesin pencari Anda secara komplementer. Namun, Pakar SEO umumnya menyarankan Anda untuk mengoptimalkan SEO on-page secara berturut-turut sebelum Anda berfokus pada SEO off-page.

Ada pertanyaan atau komentar?

Your email address will not be published. Required fields are marked *