Dapatkan strategi terbaru berjualan online untuk meningkatkan penjualan 3x lebih banyak

Orang Sukses Selalu Memiliki Banyak Relasi, Inilah Tips Melakukan Networking yang Baik dan Bisa Segera Anda Lakukan

Networking atau membangun relasi bisnis adalah metode pemasaran yang paling efektif dan paling murah yang dapat Anda lakukan untuk membangun bisnis terutama jika Anda berbisnis di area lokal.

Banyak pemilik bisnis yang mengatakan bahwa mereka tidak suka melakukan networking atau mereka belum menemukan cara yang efektif. Itu mungkin karena mereka tidak tahu bagaimana melakukannya atau mereka mungkin memiliki harapan yang tidak realistis tentang hasil yang diraih.

Supaya hasilnya maksimal berikut ini tips melakukan networking bisnis yang baik:

Pilih Komunitas Bisnis yang Tepat

Tidak setiap kelompok orang atau komunitas akan tepat untuk Anda. Pilih grup tempat orang-orang berkumpul yang berbagi minat dan atau klien potensial. Sebut saja salah satunya komunitas yang sesuai dengan produk Anda, organisasi pria dan wanita, komunitas dengan minat khusus, dan asosiasi yang potensial.

Bangun Hubungan Baik

Membangun network atau relasi bukan tentang menjual, tetapi membangun hubungan yang dapat mengarah pada penjualan atau rujukan. Idenya adalah untuk mengenal orang dan memungkinkan mereka untuk mengenal Anda.

Seringkali, orang membangun relasi dengan harapan bisa melakukan penjualan atau menjadikannya klien. Cara kerjanya bukan seperti itu, kenali terlebih dahulu orang-orang yang baru Anda kenal dan biarkan mereka mengenal Anda juga bisnis yang sedang dijalakan tanpa harus Anda beritahu. Setelah mereka dekat dengan Anda, mereka tidak akan jauh-jauh cari yang lain ketika mereka membutuhkan produk atau layanan seperti yang Anda tawarkan.

Berpakaianlah dengan Benar dan Profesional

Tetapkan diri Anda sebagai orang yang sukses, yang dapat Anda lakukan mulai dari cara berpakaian yang profesional. Sesuaikan pakaian Anda dengan orang-orang yang ingin Anda kenal.

Bangun Relasi dengan Orang-Orang Baru

Bawalah banyak kartu nama, tetapi berikan saja kepada orang-orang yang menunjukkan minat nyata pada apa yang Anda lakukan. Jangan lupa untuk menjelaskan secara singkat tentang apa yang Anda lakukan secara ringkas, tidak lebih dari 10 atau 15 detik.

Ajukan Pertanyaan dan Dengarkan

Anda tidak perlu banyak bicara tentang apa yang Anda lakukan untuk menemukan calon pelanggan. Sebaliknya, tanyakan kepada orang-orang yang Anda temui pertanyaan tentang mereka dan bisnis mereka, kemudian dengarkan dengan seksama jawaban mereka. Temukan titik kesamaan yang dapat Anda bawa ke dalam percakapan bisnis labih lanjut.

Ingat bahwa sebagian besar pemilik bisnis dan praktisi mencari koneksi. Jadilah pemberani dan melangkah maju ke dunia mereka.

Ada pertanyaan atau komentar?

Your email address will not be published. Required fields are marked *