Menjual Disaat Krisis

Hal yang paling sulit dalam berjualan online adalah ketika kita dihadapkan oleh masa kritis. Biasanya terjadi karena perekonomian yang sedang lesu. Adanya masalah ini membuat agak sulit dalam memasarkan sebuah produk.

Tapi saya percaya bahwa keadaan se krisis apapun masih tetap ada peluang untuk kita bisa tetap berjualan. Daripada menyalahkan keadaan saat krisis, kenapa kita tidak melakukan hal-hal lain yang masih bisa kita lakukan ?

Dari buku yang pernah saya baca, ternyata ada 7 strategi yang bisa Anda lakukan ketika dalam masa kritis.

1. SIAPKAN MINDSET

Jangan jadikan alasan “KRISIS” menjadi pembenaran kita untuk tidak melakukan promosi produk. Apa yang kita alami saat ini sebenarnya adalah hasil dari apa yang kita lakukan di masa lalu.

2. TINGKATKAN SKILL

Masa-masa sulit memang mempersempit peluang, tetapi kita juga perlu tetap melatih diri untuk tetap berjuang sebaik mungkin dengan belajar.

3. BERPIKIR POSITIF

Berpikir positif memang tidak langsung mengubah keadaan, tetapi dapat mengubah suasana hati. Tujuannya agar kita tetap semangat, sehingga tidak membuat kinerja menurun.

4. FOKUS PADA HARGA & NILAI PRODUK

Semakin kita mempu mendeskripsikan dengan baik dan detail produk yang kita jual dan dikemas dengan strategi harga ( misal memberikan diskon ) kita masih memiliki peluang untuk meningkatkan penjualan.

5. MEMBANGUN HUBUNGAN YANG BAIK

Membangun hubungan baik dengan dengan pelanggan merupakan salah satu alasan kenapa mereka masih mau melakukan order dengan Anda. Jaga hubungan baik yang sudah ada, karena suatu saat Anda akan menyadari bahwa ini akan menjadi sebuah asset yang bernilai sangat mahal.

6. BACK TO BASIC

Tools itu penting, selama itu membuat pekerjaan kita menjadi semakin produktif. Jangan pernah membeli tools yang tidak Anda butuhkan saat ini. Tools itu penting, tetapi ilmu dasar juga penting. Bayangkan jika tools yang pernah Anda beli tiba2 tidak bisa lagi digunakan, apakah Anda mampu memulainya kembali dari awal ???

7. BERTANGGUNG JAWAB

Keberhasilan kita dalam melakukan penjualan bergantung pada diri kita sendiri dalam mengontrolnya. Jika kita memiliki alasan yang kuat untuk mencapai tujuan, selama kita bertanggung jawab kita pasti bisa mencapainya, tidak peduli dengan kondisi krisis apapun.

 

A winners never quits and A quitter never win.