Mengenal Internet Marketing Untuk Pemula

Mungkin Anda sering mendengar kalimat ini: Internet Marketing.

Ditengah perkembangan teknologi digital dan Startup yang kian menjamur, istilah ini sudah tidak asing lagi.

Secara singkat, Internet Marketing adalah aktivitas pemasaran yang dilakukan melalui media internet ( online ). Contohnya, Google Search, social media, email dan website.

Sejak datangnya Smartphone, buyer behaviour berubah drastis. Faktanya, saat ini orang-orang terpaku pada layar gadget dan Smartphone mereka dua kali lebih lama dibandingkan 12 tahun yang lalu.

Maka tidak heran, teknik dan metode pemasaran berkembang untuk beradaptasi dengan perubahan ini. Karena Offline Marketing sudah tidak seefektif dulu lagi.

Jadi, Apa Itu Internet Marketing?

Mulai dari website hingga aset brand online, digital advertising, email marketing, online brochures, ebook – dan masih banyak lagi, merupakan bagian dari spektrum taktik dan aset yang lebih besar.

Para pelaku yang di sebut Internet Marketers, harus memiliki pengetahuan dan metode yang tepat dalam menggunakan aset & taktik digital secara efektif untuk mencapai tujuan mereka.

Berikut kami jabarkan contoh aset dan taktik Internet Marketing.

Contoh Asset:

  • Website
  • Blog post
  • Ebook
  • Infographic
  • Tool
  • Social media channel
  • Earned media
  • Brosur online
  • Aset Brand (logo, font & mascot)

 

Beberapa Strategi Yang Bisa Digunakan :

  • Search Engine Optimization
    Merupakan proses optimasi website Anda sehingga memiliki peringkat yang bagus dalam mesin pencarian google guna meningkatkan traffic pengunjung.

 

  • Content Marketing
    Menggunakan suatu konten dari aset Anda (ebook, research paper, guidelines, etc) sebagai ‘pancingan’ untuk mendapatkan traffic & awareness.

 

  • Inbound Marketing
    Inbound marketing mengacu kepada teknik untuk menarik customer ke produk atau jasa yang Anda jual dengan menggabungkan beberapa taktik Internet Marketing. Contoh yang paling umum adalah, menggunakan Blog post, SEO, Social media & Content marketing untuk memancing customer sehingga masuk ke “sales” funnel yang telah dirancang.

 

  • Social Media Marketing
    Aktivitas pemasaran dilakukan sepenuhnya dalam platform social media. Efektif untuk brand awareness dan leads generation.

 

  • Pay-Per-Click (PPC)
    Metode untuk menghasilkan traffic ke website dengan membayar ke publisher iklan untuk setiap kali iklan Anda di klik. Contoh paling umum adalah Google AdWords.

 

  • Affiliate Marketing
    Performance-based advertising, dimana Anda akan menerima komisi dari penjualan barang atau jasa yang orang lain punya.

 

  • Native Advertising
    Mengacu kepada iklan yang ditampilkan secara organik dalam suatu platform dengna target kepada para pembaca atau pengunjung. Contohnya sponsored artikel pada Kompas.

 

  • Marketing Automation
    Ini merupakan software yang sangat bermanfaat untuk membuat pengiriman email otomatis. Solusi untuk pekerjaan yang repetitive seperti membalas email, social media dll.

 

  • Email Marketing
    Banyak perusahaan menggunakan email marketing sebagai bentuk komunikasi dengan pembeli. Seringkali di gunakan untuk promosi konten, diskon dan acara.

 

  • Online PR
    Online PR adalah tindakan pemasaran yang didapat dari eksposure dan publikasi dari pihak luar, dan ditampilkan dalam lingkup online.

 

Apakah Anda sudah mengerti? Dan bagaimanakah Anda dapat mengimplementasikan Internet Marketing untuk bisnis Anda? Silahkan komen dibawah ya!