Memulai Bisnis Sebelum Lulus Kuliah Siapa Takut, Lakukan Cara Ini Agar Bisnis Anda Sukses!

Memulai Bisnis Sebelum Lulus Kuliah

Saat ini banyak sekali anak muda yang mendedikasikan waktu dan energi untuk membangun usahanya sendiri. Tidak jarang juga anak muda yang sukses membangun bisnisnya dimasa-masa sekolah. Memang, dibutuhkan kemauan keras untuk memulai bisnis pada usia berapa pun, tetapi memulai usaha pertama Anda saat masih di sekolah merupakan aktivitas yang sangat menantang.

Sejarah mencatat beberapa CEO paling terkenal mendapatkan ide-ide besar saat kuliah. Mark Zuckerberg dari Facebook, Michael Dell dari Dell Computers, dan Steve Berkowitz dari Insomnia Cookies, semuanya memulai bisnis mereka di asrama atau di kampus. Saat ini, pengusaha muda bersemangat untuk meniru keberhasilan mereka. Bagaimanakah caranya biar sukses seperti mereka? Berikut ini beberapa hal yang perlu dipertimbangkan

:

1. Tentukan Fokus Bidang Bisnis yang Ingin Dijalankan dan Tentukan juga Skala Prioritas antara Kuliah dan Bisnis

Jika ingin berbisnis saat masih kuliah, pertama Anda harus tentukan fokus bidang bisnis apa yang akan dicoba dan kemudian temukan juga prioritas Anda. Pertama, deskripsikan tujuan jangka pendek dan jangka panjang Anda dalam menjalankan bisnis dan bagaimana mengelola waktu antara kuliah dan bisnis.

Tanyakan kepada diri sendiri empat pertanyaan berikut : Mengapa Anda memulai bisnis sebelum lulus? Mengapa Anda juga harus lulus kuliah? Bisakah tugas kuliah Anda membantu Anda membangun bisnis? Apakah Anda melihat masa depan Anda cerah dengan membangun bisnis Anda sebelum lulus?

2. Pilih Tempat Kursus atau Kelompok Studi yang Tepat

Jika Anda khawatir tentang nilai kuliah Anda akan jatuh karena berbisnis, jembatanilah kesenjangan antara sekolah dan kantor tersebut dengan bergabung pada kelompok studi di kampus pada waktu senggang. Pilih yang utama atau elektif yang menguntungkan model bisnis Anda dan membantu Anda menyusun strategi. Pilih kelas untuk bertemu profesor ahli dan teman-teman pintar lainnya. Mengikuti kursus yang terkait dengan usaha Anda membantu menghemat waktu dan memungkinkan lebih banyak latihan yang sesuai dengan bisnis Anda.

3. Memanfaatkan Sumber Daya yang Ada di Tempat Kuliah

Sebagai bagian dari biaya kuliah Anda, perguruan tinggi dan universitas banyak menawarkan beberapa sumber daya gratis yang dapat Anda manfaatkan saat memulai bisnis Anda. Layanan fotokopi dan cetak, wifi gratis, sumber daya online, dan bahan pustaka adalah alat yang sangat diperlukan untuk membantu kemajuan bisnis Anda. Banyak wirausahawan yang memulai startup mereka pada awalnya disini, jadi maksimalkan sumber daya gratis tersebut.

4. Tetap Terhubung dengan Mahasiswa Lain

Kuliah banyak menawarkan mahasiswa waktu luang. Ketika Anda membangun bisnis Anda, terhubung dengan teman sekelas dan mahasiswa lain bisa membuka saling tukar informasi dan peluang bisnis yang lain. Pertimbangkan melemparkan ide kolaborasi kepada mereka dan menjadikannya kesempatan belajar untuk semua orang. Banyak startup telah mempekerjakan mahasiswa untuk status pekerja lepas atau magang.

5. Temukan Opsi Pendanaan

Opsi pendanaan dalam bisnis merupakan faktor penting dalam tahap awal bisnis apa pun. Jika Anda ingin menghasilkan aliran uang, membuka bisnis saat kuliah adalah cara yang bagus untuk menemukan sumber pendanaan untuk startup Anda. Beasiswa atau sumber pendanaan lain dapat membantu Anda mendapatkan modal. Opsi lain adalah dengan menawarkan kepada investor.