Dapatkan strategi terbaru berjualan online untuk meningkatkan penjualan 3x lebih banyak

Strategi Dan Cara Memulai Bisnis Online Untuk Pemula

Memulai bisnis online di era saat ini merupakan sesuatu yang sangat menjanjikan.

Hal ini karena siapapun bisa memulainya kapanpun dan dari mana saja, tanpa batas ruang dan waktu.

Hanya bermodalkan komputer dan smartphone saja, seseorang bisa mulai bisnis online.

Menurut Emarketer, bisnis online pada tahun 2017 mengalami peningkatan 24,8% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Karena terus mengalami peningkatan yang sangat pesat dan sudah mulai mengambil bagian yang lebih besar dibandingkan pasar ritel tradisional, maka inilah waktu yang paling tepat supaya ide bisnis online Anda bisa berjalan.

Pada tahun 2018, sebanyak 47,3% populasi dunia diprediksi akan membeli secara online.

Karena semakin banyak orang yang sudah mulai melek dengan dunia ecommerce.

Dimana para calon pembeli akan selalu mencari pengalaman dan produk baru yang inovatif.

Untuk memulai bisnis online, Anda tidak perlu pengalaman yang terlalu teknis dan tidak terlalu membutuhkan banyak modal, karena untuk memulai bisnis online Anda hanya perlu sebuah website dan mengerti sedikit seputar teknik marketing saja.

Walaupun mudah dilakukan, ternyata masih banyak orang gagal karena tidak mengerti bagaimana cara menjalankannya.

Melalui tulisan kali ini, mari kita bedah dan pelajari bersama, supaya Anda bisa terhindar dari kegagalan ketika menjalankan bisnis online.

Materi Memulai Bisnis Online

Faktanya bisnis online itu hampir sama dengan bisnis offline pada umumnya, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa menghasilkan uang lewat internet.

Kabar baiknya, untuk memulai bisnis online Anda tidak perlu membutuhkan banyak modal.

Bahkan Anda bisa menjalankan semuanya tanpa modal sepeserpun, karena saat ini sudah banyak sekali layanan gratis yang dapat memfasilitasi Anda.

Dan sebentar lagi, saya akan menjelaskan kepada Anda bagaimana cara menghasilkan uang lewat internet dengan biaya sekecil-kecilnya, tapi mampu menghasilkan penghasilan yang sebesar-besarnya..

Tapi, sebelum saya menjelaskan lebih detail, silahkan baca dulu beberapa panduan yang wajib Anda pahami terlebih dahulu, supaya Anda bisa lebih mantap ketika memulai bisnis online.

Jika saat ini Anda sedang ingin memulai bisnis dan mencari peluang usaha yang bisa dikerjakan melalui media internet, maka tulisan ini sangat cocok untuk Anda baca.

Ide Bisnis Online

Ingin bisnis online, tapi bingung mau mulai darimana? Temukan berbagai macam cara menemukan ide untuk memulai bisnis online disini.

Kebanyakan masalah para pemula yang ingin berjualan online adalah mereka bingung mau jualan apa di Internet, apalagi jika mereka tidak punya produk sendiri. Simak tipsnya melalui tulisan ini.

Strategi Bisnis Online

Menentukan strategi bisnis online butuh pertimbangan berbagai faktor dan akan sangat berpengaruh pada strategi apa yang paling tepat. Simak tipsnya disini.

Apa Itu Bisnis Online ?

Secara sederhana, bisnis online adalah suatu kegiatan bisnis yang dilakukan dengan media online ( internet ) yang bertujuan untuk menghasilkan keuntungan dari penjualan sebuah produk maupun jasa.

Apapun jenis produk ataupun jasa yang ditawarkan melalui internet, seperti kendaraan, makanan, kursus belajar, ebook, perangkat lunak dan sejenisnya tanpa harus bertatap muka, maka itulah yang disebut dengan bisnis online.

Intinya, apapun yang Anda tawarkan melalui internet, itulah bisnis online.

Seperti yang sudah saya jelaskan diawal, bahwa bisnis online tidak ada bedanya dengan bisnis offline. Yang berbeda hanya medianya saja.

Jenis – Jenis Bisnis Online

Jika dilihat dari jenisnya, maka bisnis online akan terbagi menjadi beberapa bagian berdasarkan tampilannya di internet, antara lain :

  1. Website
    Sebuah aktifitas bisnis online dimana Anda hanya perlu membuat sebuah website yang tujuannya untuk mengenalkan dan menawarkan produk yang akan Anda jual.
  2. Media Sosial
    Aktifitas bisnis online dimana cara menawarkan produknya hanya melalui akun media sosial saja, seperti Facebook, Instagram, Twitter, dsb
  3. Email Marketing
    Bisnis online denga biaya minim yang dilakukan cukup dengan membangun list kontak email ( list building ) dan menawarkan produknya dengan cara mengirim pesan massal ( broadcast )
  4. Marketplace
    Sebuah bisnis online yang saat ini sedang naik daun, karena dalam menjalankannya tidak perlu membutuhkan banyak modal. Marketplace bisa di ibaratkan sebuah pasar, dimana disana terdapat banyak penjual dan pembeli yang sudah siap untuk melakukan transaksi.
  5. Toko Online
    Salah satu bisnis online yang tidak terlalu membutuhkan banyak modal, karena Anda tidak perlu toko fisik ataupun sebuah bangunan untuk menjalankan transaksi.
  6. Blog
    Hampir sama seperti website dan toko online, ini adalah sebuah bisnis online dimana Anda hanya perlu rajin membuat konten untuk dibaca oleh pengunjung. Anda akan mendapatkan penghasilan ketika blog Anda ramai dikunjungi

Keuntungan Dan Manfaat Bisnis Online

Di era digital seperti saat ini, bisnis online menjadi salah satu alternatif untuk mendapatkan penghasilan tambahan.
 
Walaupun hanya dilakukan dengan media internet , salah satu syarat yang wajib dipenuhi adalah harus adanya sebuah transaksi.
 
Menjalankan bisnis online tetap memerlukan usaha keras, supaya calon pembeli mau, rela dan yakin dengan kualitas produk yang Anda tawarkan melalui internet.
 
Hal ini karena pembeli sudah mulai cerdas dalam melakukuan transaksi melalui internet.
 

Dengan menjalankan bisnis online, banyak sekali manfaat dan keuntungan yang di dapatkan oleh penjual dan pembeli, antara lain :

  1. Bisa dilakukan dimana saja
  2. Bisa dilakukan kapan saja
  3. Tidak perlu modal yang besar
  4. Tidak perlu sewa tempat
  5. Jangkauan pasarnya luas
  6. Biaya operasional rendah
  7. Tidak ada bos, karena Anda sendiri yang mengatur
  8. Dapat membuka lowongan pekerjaan
  9. Memberikan banyak kemudahan untuk pembeli
  10.  Biaya pemasaran yang sangat murah
  11.  Transaksi jauh lebih cepat

Model Bisnis Online Yang Paling Populer

Ada banyak sekali model bisnis yang sering dijalankan oleh pelaku bisnis online.

Tapi dalam tulisan ini, saya hanya akan menjelaskannya beberapa saja, supaya Anda juga tidak terlalu kebingungan pada saat akan memilihnya nanti.

Dengan mengetahui model bisnis yang ada, diharapkan akan membantu Anda untuk memilih mana yang paling cocok dan sesuai dengan Anda.

Karena tidak semua model bisnis cocok untuk semua orang.

Anda harus pilih salah satu dan fokusnya diri Anda pada model bisnis tersebut.

#1. Dropshipping

Dropshipping adalah sebuah model bisnis dimana Anda menjual produk milik orang lain dan tanpa melakukan stock barang sama sekali.
 

Yang perlu Anda lakukan adalah menawarkan sebuah produk kepada calon customer, ketika dia tertarik untuk membeli produk tersebut, Anda akan mengordernya lagi melalui supplier (sebagai pihak ketiga), dan supplier tersebut yang mengirimkan produknya ke customer Anda.

Tentukan produk yang ingin Anda jual

Untuk menentukan produk yang cocok Anda jual, bisa dimulai dari mengetahui apa yang Anda butuhkan dan orang lain butuhkan namun produk tersebut sulit didapatkan.

Anda juga bisa memulai dengan menjual produk-produk yang sesuai dengan hobi Anda. Misal jika Anda suka bola, bisa jual jersey bola dan aksesoris bola lainnya.

Jika Anda suka masak, anda bisa jual peralatan masak atau perabotan rumah tangga.

Selain itu Anda bisa mencari apa yang dibutuhkan orang-orang di internet dengan melihat produk-produk yang tranding atau laris melalui tools Google Trend, atau melihat produk yang sering dicari di google dengan menggunakan tools Google Keyword Planner.

Cara terakhir dalam menentukan produk adalah dengan melakukan riset pada marketplace, cari produk-produk yang terbukti laris dan Anda bisa menjual produk sejenis.

Pilih supplier yang tepat

Setelah menentukan produk yang ingin Anda jual, selanjutnya memilih supplier yang tepat dan bisa mensupport bisnis dropshipping Anda.

Anda bisa mulai mengunjungi pusat-pusat pembelanjaan yang menjual produk-produk secara grosir dan tentunya dibawah harga pasaran.

Seperti di Jakarta ada Pasar Tanah Abang, Pasar Senen, Pasar Asemka, Pasar Mayestik, ITC Mangga Dua, Pasar Jatinegara, Pasar Grosir Cililitan, dan masih banyak lagi.

Cara lain untuk memilih supplier bisa dengan mengunjungi marketplace seperti di Tokopedia, Bukalapak atau Shopee, lalu pilih penjual yang memang menjual produk secara grosir atau menjual produk yang diproduksi sendiri, hubungi mereka dan ajukan penawaran untuk menjadi dropshipper bisnis mereka.

Tips: Untuk mengetahui kualitas produk dan product knowledge-nya, beli dulu beberapa produk dari supplier yang Anda pilih sebelum mulai menjual ke calon customer.

Mulai lakukan Promosi

Anda sudah tahu produk yang akan dijual dan sudah ada supplier yang siap membantu Anda, saatnya berjualan.

Anda bisa mulai berjualan di social media, dengan menggunakan akun pribadi atau akun bisnis.

Pilih social media yang ingin Anda fokuskan untuk berjualan agar lebih mudah untuk optimasi, lalu berikan penawaran menarik seperti dengan membuat promo “Dapatkan produk ini secara gratis dengan cara share status ini” tentunya dengan syarat dan ketentuan.

Jika Anda memiliki sedikit modal untuk promosi, Anda bisa memanfaatkan fitur ads pada setiap social media seperti Facebook Ads dan Instagram Ads.

Atau membayar influencer untuk mempromosikan produk Anda.

Layani customer dengan baik

Hal yang sering dilupakan oleh pebisnis yang baru mulai adalah customer service.

Bayangkan ketika customer pertama Anda tidak dilayani dengan baik, apa yang akan terjadi, promosi Anda sebelumnya akan mendapatkan komentar negatif dari mereka.

Tapi ketika Anda melayaninya dengan baik dan tulus mulai dari mereka tanya-tanya produk, melakukan transaksi sampai pada tahap pengiriman barang, bisa saja mereka akan mempromosikan produk Anda ke pada teman-temannya.

Menarik untuk dicoba bukan? Proses bisnis ini sangat cocok bagi Anda yang baru terjun memulai bisnis, belum punya modal dan bingung mau jualan apa.

#2. Affiliate Marketing

Affiliate atau afiliasi hampir mirip dengan dropshipping, tetapi ada perbedaan utama.

Jika dropship hanya bermodalkan sebuah foto produk, maka affiliate membutuhkan sebuah link tracking (pelacak).

Disini Anda perlu mendaftar sebagai mitra dari vendor ( pemiliki produk ), dimana nantinya Anda akan mendapatkan link khusus yang bisa Anda promosikan.

Setiap ada orang yang membeli melalui link Anda, maka Anda akan mendapatkan komisi dari vendor produk.

Tugas Anda hanya menyebarkan link, hingga orang lain mau membeli produk yang ditawarkan melalui link Anda.

Anda juga tidak perlu mengirimkan produk dan stock barang, karena semuanya sudah diurus oleh vendor produk.

Beberapa situs afiliasi yang paling populer :

  1. Clickbank
  2. Amazon
  3. CJ Affiliate
  4. Ratakan
  5. Idaff

Dimana produk yang mereka tawarkan kebanyakan produk digital seperti ebook, video, tutorial, dll.

#3. Publisher

Jika Anda memiliki keahlian atau minat untuk membuat konten dan memberikan informasi kepada pengguna internet, maka model bisnis ini sangat cocok untuk Anda.

Disini Anda hanya perlu membuat konten yang menarik dan informatif, seperti tips, trik, tutorial, dll.

Anda hanya perlu mendapatkan kode dari Google, lalu letakkan kode tersebut di dalam blog Anda. Maka Google akan menampilkan iklan yang relevan dan sesuai dengan isi konten blog Anda.

Setiap kali ada yang mengunjungi website atau blog Anda dan mengklik iklan, maka Anda akan mendapatkan komisi dan akan dibayarkan setiap bulan.


Bagaimana, sudah siap memulai bisnis online ?

Silahkan baca kembali materi memulai bisnis online yang sudah saya siapkan untuk Anda.

Materi Memulai Bisnis Online

Jika saat ini Anda sedang ingin memulai bisnis dan mencari peluang usaha yang bisa dikerjakan melalui media internet, maka tulisan ini sangat cocok untuk Anda baca.

Ide Bisnis Online

Ingin bisnis online, tapi bingung mau mulai darimana? Temukan berbagai macam cara menemukan ide untuk memulai bisnis online disini.

Kebanyakan masalah para pemula yang ingin berjualan online adalah mereka bingung mau jualan apa di Internet, apalagi jika mereka tidak punya produk sendiri. Simak tipsnya melalui tulisan ini.

Strategi Bisnis Online

Menentukan strategi bisnis online butuh pertimbangan berbagai faktor dan akan sangat berpengaruh pada strategi apa yang paling tepat. Simak tipsnya disini.

Ada pertanyaan atau komentar?

Your email address will not be published. Required fields are marked *