Memanfaatkan Whatsapp Business untuk Berkomunikasi dengan Customer dan Mendapatkan Penjualan Bisnis Online Anda

whatsapp business untuk bisnis online anda

Whatsapp aplikasi chatting yang sangat familiar dan telah digunakan oleh lebih dari 1 miliar orang di seluruh dunia. Terkenal dengan kesan yang sederhana dan lebih ringan penggunaanya dibandingkan dengan aplikasi chatting lainnya.

Seiring dengan semakin gencarnya  jalur penjualan online, Whatsapp berinisiasi untuk turut membantu para pemilik bisnis agar lebih mudah tersambung dengan para pelanggannya. Pada awal tahun 2018 lalu Whatsapp resmi merilis Whatsapp Business, aplikasi chat yang diperuntukan khusus untuk para pemilik bisnis. Meski LINE telah lebih dulu memiliki fitur [email protected], namun fitur pada Whatsapp Business dinilai lebih unggul dibandingkan dengan pesaingnya.

Baik cukup perkenalannya dengan Whatsapp Business, pasti Anda sudah tidak sabar untuk mengetahui fitur apa saja dalam Whatsapp Business yang dapat membantu melancarkan usaha bisnis online Anda bukan? Mari kita simak penjelasan di bawah berikut ini.

Menampilkan Profil Bisnis Anda

Fitur ini sangat membantu Anda agar pelanggan dapat menemukan informasi mengenai usaha Anda lebih cepat.  Anda dapat memasukan informasi mengenai lokasi usaha Anda, tautan website, alamat email, keterangan jam operasional, dan kategori jenis usaha Anda. Lengkapi profil bisnis Anda sehingga bisnis Anda menjadi lebih berkredibel.

Away Message yang Simple

Sedang tidak online karena sibuk pergi ke kamar kecil? Atau lelah mengurusi pesanan seharian? Tenang, fitur away message bisa membantu Anda apabila Anda sedang AFK atau Away From Keyboard. Fitur ini secara otomatis akan membalas pesan apabila Anda telah mengatur jadwal pengiriman pesan pada fitur ini.

Memonitor Ffektifitas Komunikasi dengan Fitur Statistik Pesan

Pantau berapa banyak pesan terkirim, diterima dan telah dibaca oleh pelanggan Anda melalui fitur ini. Lihat seberapa banyak aktivitas komunikasi Anda, apakah efektif atau butuh sedikit improvisasi agar lebih menarik? Dapatkan insightnya melalui fitur ini.

Greeting Message untuk Perkenalan yang Hangat

Buatlah pesan perkenalan atau salam sapaan yang hangat ketika pelanggan pertama kali mengirimkan pesan ke dalam akun Whatsapp Business Anda. Fitur ini akan otomatis aktif untuk membalas pesan saat pertama kalinya.

Pisahkan Kategori Pelanggan Anda dengan Fitur “Labels”

Melalui fitur ini Anda bisa mengkategorikan pesan masuk ke dalam label tertentu sehingga komunikasi dengan konsumen lebih terorganisir. Label itu antara lain: Pelanggan Baru, Menunggu Pembayaran, Terbayar, Pesan Selesai. Bahkan Anda bisa membuat kategori label sendiri sesuai kebutuhan Anda lho!