Latihlah 5 Skill Entrepreneurship ini yang Jarang Diajarkan di Sekolah Formal

Skill entrepreneurship

Sudah banyak nama-nama pengusaha muda dari negeri ini yang menunjukan bukti keberhasilan dalam menjalankan usaha mereka. Siapa yang tak kenal dengan Daniel Mananta,  public figure yang sekaligus pendiri dari brand DAMN i Love Indonesia ini sukses membawa semangat nasionalis kepada anak-anak muda melalui produk pakaian dan outerwear yang dinilai sangat keren.

Daniel mampu melihat peluang di tengah-tengah semangat nasionalis para anak-anak muda dan menggabungkannya dengan konsep lifestyle, sebuah bentuk kampanye yang sangat baik di tengah isu bahwa anak muda tak memiliki semangat nasionalis. Lalu apakah ide dan kemampuan Daniel tersebut didapatkan saat ia sekolah? Hmmm sepertinya tidak.

Banyak sekolah bisnis management, entrepreneur school atau bahkan mata pelajaran dan mata kuliah mengenai kewirausahaan belum dapat mengajarkan semua yang akan Anda temui dalam menyelami dunia wirausaha sesungguhnya. Lalu kemampuan apa saja yang belum diajarkan oleh institusi pendidikan formal? Simak poin-poin berikut.

Menjadi Seorang Pemimpin

Banyak yang percaya bahwa kemampuan memimpin tidak dapat dibentuk melainkan merupakan sebuah karakter bawaan yang ada sejak lahir. Jika Anda merasa diri Anda tidak memiliki karakter sebagai pemimpin, percayalah hal tersebut masih dapat Anda temukan. Menjadi pemimpin dalam menjalankan suatu usaha sangatlah penting, karena Anda adalah pemilik visi dan misi untuk usaha Anda sendiri. Kemampuan ini tidak dapat Anda pelajari hanya dengan membaca buku, dan mencarinya pada halaman internet. Anda harus merasakan sendiri atmosfer yang melibatkan diri Anda untuk membuat keputusan yang tepat saat menjalani usaha Anda.

Kepribadian yang  Menarik

Tak akan ada orang yang mau bekerjasama dengan Anda jika Anda tak memiliki karakter yang ramah, mudah bergaul, pandai bernegosiasi dan memiliki humor yang baik. Karakter tersebut sangat dibutuhkan untuk menjadikan Anda pribadi yang menarik bagi klien, vendor, karyawan maupun relasi Anda yang lain. Kepribadian yang menarik akan mendukung Anda untuk lebih mudah mencapai tujuan bisnis Anda.

Memiliki Kepekaan dan Analisa yang Baik

Kepekaan yang dimaksud adalah kepekaan dalam melihat peluang, apabila Anda baru memulai suatu bisnis, jadilah pribadi yang terbuka terhadap segala kesempatan yang menghampiri. Jadilah “Yes Man” untuk setiap penawaran yang datang dan dapatkan segala insight yang bagus untuk usaha Anda. Setelah informasi tersebut terkumpul, olahlah dan pilih kesempatan mana saja yang paling baik untuk mendukung bisnis Anda. Kemampuan menganalisa juga penting karena Anda perlu memilih langkah yang tepat untuk memiliki keunggulan dibanding pesaing bisnis Anda.

Kreatif

Buatlah langkah-langkah yang unik dan belum dimiliki oleh pesaing bisnis Anda. Ide kreatif bisa datang dari mana saja, yang terpenting Anda harus mau belajar untuk mengolah ide tersebut sebelum menjadi gagasan yang luar biasa untuk bisnis Anda. Ide kreatif tak melulu ide yang original, Anda bisa mendapatkanya dengan menerapkan CCM atau Copy, Create dan Modified. Tiru ide yang sudah Anda, lalu buatlah perencanaan dan tambahkan modifikasi agar memiliki perbedaan dari ide yang Anda tiru.

Memiliki Mental Baja

Inilah hal yang sulit Anda temukan dalam institusi pendidikan formal untuk menjadi wirausaha sukses, yaitu memiliki mental baja atau mental yang tak mudah menyerah. Jika Anda ingin memiliki tubuh atletis maka Anda harus rutin menjaga porsi makan dan rajin berolahraga, jika Anda ingin memiliki sebuah mobil mewah maka Anda harus mampu menyisihkan pendapatan Anda untuk ditabung, dan jika Anda ingin menjadi pengusaha sukses maka luangkanlah waktu Anda untuk terus belajar dari setiap kegagalan dan keberhasilan Anda.