Dapatkan strategi terbaru berjualan online untuk meningkatkan penjualan 3x lebih banyak

Inilah Cara Mendapatkan Pelanggan Pertama Tanpa Iklan Berbayar

Mendapatkan pelanggan pertama

Iklan online bukanlah solusi untuk semua orang, terutama bagi pemilik bisnis yang tidak memiliki anggaran pemasaran yang besar. Untungnya, di era digital ini, ada cara lain yang dapat Anda lakukan untuk menarik pelanggan potensial tanpa harus menghabiskan banyak uang untuk mendapatkannya. Ingin tahu caranya? Mari simak cara berikut ini:

Pemasaran dengan Konten Marketing yang Tepat

Pemasaran konten dapat menjadi cara yang sangat efektif untuk menarik pelanggan potensial dengan anggaran yang ketat. Faktanya, Content Marketing Institute menemukan bahwa 88% responden B2B menggunakan pemasaran konten sebagai bagian dari strategi pemasaran mereka.

Satu-satunya pengorbanan untuk membuat konten marketing adalah waktu yang Anda habiskan untuk membuat konten tersebut.  Salah satu bentuk konten tersebut adalah posting blog. 81% dari perusahaan B2B menggunakan posting blog sebagai bagian dari strategi pemasaran konten mereka.

Jika Anda berfokus pada pembuatan konten pemasaran yang informatif maka bisa jadi hasilnya akan 10x lebih baik dari apa yang sudah ada sebelumnya. Anda juga bisa menjual keahlian Anda tersebut di ceruk bisnis baru yang akan langsung menarik basis target calon klien Anda.

Jika Anda melakukan pekerjaan yang baik dalam mempromosikan konten Anda di jejaring sosial, Anda juga akan memastikan bahwa pelanggan baru, pada kenyataannya, dapat melihat apa yang Anda buat tersebut bermanfaat bagi Anda.

Melakukan Guest Blogging

Metode lain untuk mendapatkan pelanggan pertama Anda tanpa membayar iklan online adalah dengan melakukan guest blogging atau bertamu pada blog-blog yang sesuai dengan bisnis anda. Cara ini cukup efektif mendorong banyak lalu lintas untuk pengunjung baru di situs Anda. Jika Anda ingin menghasilkan prospek dengan bantuan guest blogging, Anda perlu mencari tahu di mana pelanggan baru dan calon klien Anda membaca konten mereka.

Menemukan peluang guest blogging relatif mudah. Semua yang Anda butuhkan adalah sedikit pencarian pintar di Google. Satu trik yang bisa dicoba adalah menggunakan frasa : inurl: + “topik” contoh “inurl:peluang bisnis” maka pencarian google akan membatasi konten-konten yang url-nya terdapat kata “peluang bisnis” dan Anda bisa melakukan guest blogging pada semua blog tersebut.

Menjalankan Webinar Bersama Influencer

Webinar (seminar online) telah menjadi tulang punggung banyak bisnis kecil yang berbasis online. Jika dijalankan dengan benar, webinar dapat berkontribusi besar terhadap pertumbuhan bisnis online.

Bahkan, webinar memiliki rating efektivitas 66%, menurut mereka yang disurvei oleh Content Marketing Institute. Kunci untuk menjalankan webinar yang sukses adalah menemukan seseorang yang memiliki target pelanggan yang sama dengan bisnsi Anda.

Jika dijalankan dengan rutin dan disiplin, cara di atas bisa menjadi solusi pemasaran tanpa perlu biaya iklan dan efektif untuk mendapatkan pelanggan.

Ada pertanyaan atau komentar?

Your email address will not be published. Required fields are marked *