Dapatkan strategi terbaru berjualan online untuk meningkatkan penjualan 3x lebih banyak

Gak Cuma Tukang Ngatur, 5 Skill ini Juga Harus Dimiliki oleh Seorang Entrepreneur

skill yang harus dimiliki entrepreneur

Kebanyakan orang berpikir kalau udah jadi entrepreneur itu enak banget. Iya sih emang enak karena dia jadi bosnya. Namun kenyataanya gak sesantai yang dibayangkan, lho!

Mereka yang sudah berhasil ke level sebagai bos ternyata melalui perjalanan yang gak mudah. Bahkan, udah jadi bos buat usahanya sendiri pun masih harus punya dan terapkan skill tertentu.

Apa aja sih skill yang harus dimiliki oleh seorang entrepreneur? Yuk, simak daftar berikut ini.

1. Kemampuan Memimpin Tim

Yang paling wajib dimiliki oleh entrepreneur adalah kemampuan memimpin tim alias leadership. Ini jelas banget karena pada posisinya emang berada di paling atas.

Kerjaan buat ‘ngatur-ngatur’ itu gak semudah yang dibayangkan, lho. Anda mesti punya skill buat memimpin agar anak buah Anda bisa bekerja sesuai dengan ekspektasi Anda. Gak gampang lho bikin orang bekerja dengan serius buat kita!

2. Komunikasi Serta Networking

Komunikasi adalah sebuah kemampuan yang gak muncul gitu aja ketika lahir melainkan diasah. Nah, karena Anda adalah ujung tombak pada usaha Anda ini maka Anda wajib mampu berinteraksi dengan orang lain.

Komunikasi di sini ditujukan buat karyawan Anda sendiri dan calon klien, partner, atau investor.

3. Mengatur Keuangan

Anda bisa aja menyewa akuntan buat menghitung cashflow perusahaan Anda. Akan tetapi, buat Anda entrepreneur pemula, sebisa mungkin belajarlah buat tahu caranya menghitung cashflow. Dengan gitu, Anda bisa memproyeksikan bisnis Anda selanjutnya.

4. Operasional dan Pengembangan Sistem

Anda bisa saja mempercayakan operasional dan pengembangan sistem pada orang lain. Akan tetapi, Anda masih tetap harus memegang kendali agar visi-misi Anda tercapai.

Jadi, belajarnya buat bikin pengembangan operasional perusahaan dan strategi buat marketing perusahaan yang matang. Gimanapun Anda lebih tahu perusahaan Anda sendiri ketimbang orang lain, bukan?

5. Pengetahuan Hukum

Skill ini memang gak wajib Anda miliki akan tetapi Anda tetap harus tahu sedikit-sedikit. Kenapa? Salah satu alasannya Anda bisa melindungi produk Anda ke depannya.

Khususnya bila Anda punya produk baru, Anda bisa melindungi merek dan ciri khas lainnya sehingga gak dicuri oleh kompetitor. Anda gak mau kan usaha Anda gagal hanya karena kompetitor ternyata mencuri inovasi Anda sendiri?

Jadi, siapa bilang berhasil masuk ke level entrepreneur itu gampang? Anda perlu siapkan skill yang sudah disebutkan jauh sebelum mulai bisnis baru.

Meski terlihat susah, bukan berarti Anda harus menyerah. Dengan membiasakan diri untuk belajar skill-skill ini pasti bakal memudahkan Anda buat berhasil mengelola bisnis baru Anda tersebut.

Ingat! Hampir gak ada orang yang langsung jadi entrepreneur sukses dan kaya raya, semua kemungkinan besar mengalami kegagalan dulu. Yang penting Anda punya kemauan buat belajar beragam skill dan mau terus berinovasi.

Ada pertanyaan atau komentar?

Your email address will not be published. Required fields are marked *