Dapatkan strategi terbaru berjualan online untuk meningkatkan penjualan 3x lebih banyak

Fokus pada Satu Bisnis atau Menjalankan Lebih Banyak Bisnis? Inilah Hal-Hal yang Harus Dipertimbangkan

Pertanyaan ini kadang sering diajukan kepada para pemilik atau owner suatu bisnis. Tak ada salahnya jika ingin memiliki lebih dari satu jenis bisnis, namun harus diimbangi dengan kemampuan manajerial serta kepemimpinan yang baik. Pasalnya bila Anda memiliki lebih dari satu bisnis, Anda harus bersiap-siap membagi fokus dan perhatian. Jangan sampai Anda salah langkah sehingga menyita waktu untuk salah satu bisnis Anda sehingga akhirnya bisnis yang lain terbengkalai bahkan berakhir pailit.

Tak ada salahnya jika Anda memiliki keinginan untuk merambah ke bisnis lain, namun pastikan Anda memperhatikan beberapa hal berikut yang bisa menjadi pertimbangan Anda dalam menjalankan multi bisnis.

1. Karakter yang Multitasking

Sebelum menuju multi-bisnis Anda harus mengukur diri Anda terlebih dahulu, apakah Anda memiliki kemampuan multi-tasking? Kemampuan ini membutuhkan ketahanan terhadap kondisi stress yang ekstrim akibat menampung banyak informasi. Kemampuan ini secara bersamaan mampu mengerjakan lebih dari satu pekerjaan, namun kabar buruknya kemampuan ini ternyata belum tentu dimiliki oleh semua orang. Jika kemampuan ini dipaksakan kualitas produktifitas dan kreatifitas Anda malah dapat melemah.

2. Memiliki Rencana Bisnis

Tanpa adanya rencana bisnis mustahil suatu bisnis dapat lahir dan berkembang. Memang ada beberapa contoh kasus diluar sana, beberapa model bisnis yang dapat berkembang tanpa memiliki perencanaan di awal, namun itu tak bisa dijadikan referensi untuk Anda yang belum memiliki keberuntungan. Perencanaan yang baik dimulai dari konsep bisnis yang akan dijalani, alur produksi hingga operasional, model investasi dan rencana alur keuangan hingga rencana pengembangan usaha.

3. Jangan Memulai Dua Bisnis dalam Waktu Bersamaan

Ibaratnya seperti jangan berkendara sambil menggunakan handphone, karena Anda telah mempersiapkan resiko yang besar untuk terjadinya sebuah kecelakaan. Pastikan bisnis Anda yang pertama telah berjalan dengan baik sebelum memutuskan memiliki bisnis yang baru. Berdasarkan bisnis Anda sebelumnya, Anda pun akan semakin matang dalam melakukan pengambilan keputusan untuk menjalankan bisnis Anda selanjutnya.

4. Pahami Kompetisi Bisnis

Dunia bisnis adalah dunia yang penuh akan kompetisi. Ciptakan strategi yang unik untuk memenangkan persaingan, cara terbaik adalah mempelajari dan belajar dari pesaing Anda. Jangan malu untuk mengakui keunggulan pesaing Anda, tetapi juga jangan mau kalah dari mereka. belajarlah dari keunggulan. Hal tersebut akan membantu bisnis baru Anda dapat berkembang dengan memanfaatkan informasi dari pesaing Anda.

Ada pertanyaan atau komentar?

Your email address will not be published. Required fields are marked *