Cara Mudah Berjualan Online

Banyak orang yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan dengan berjualan online. Tidak sedikit pula yang kebingungan bagaimana cara memulainya. Permasalahannya bukan karena mereka tidak punya modal dan gaptek, tetapi karena terlalu banyak informasi yang mereka terima. Selain itu keraguan dan daya juang untuk memulai juga menjadi salah satu penyebabnya.

Saat dulu saya baru belajar jualan online juga seperti itu, tetapi lebih banyak keraguan untuk memulainya. Hal ini terjadi karena saat itu kondisi keuangan saya memang sangat pas-pas an, karena dulu untuk berjualan online kita harus memiliki stocknya terlebih dahulu. Sekarang jaman sudah berubah, Anda tidak perlu memiliki stock barang untuk memulai berjualan. Anda bisa berjualan online dengan menjadi dropship. Ditambah lagi dengan lingkungan yang tidak mendukung. Saat itu belum banyak website, group dan komunitas yang memberikan informasi mengenai bagaimana cara berjualan online.

Berikut ini beberapa cara yang biasa saya lakukan dan bisa Anda coba untuk mulai berjualan online.

1. Berjualan Melalui Marketplace

Ini adalah cara jualan produk paling mudah untuk saat ini. Anda hanya perlu mendaftar di website marketplace yang sudah ada. Marketplace yang biasa sayang gunakan adalah Tokopedia dan Bukalapak. Kelebihan dua marketplace ini selain gratis juga karena marketplace tersebut menyediakan rekber/perantara pembayaran antara penjual dan pembeli. Jadi dengan sistem pembayaran seperti ini, pembeli tidak perlu ragu untuk melakukan transaksi dengan kita sebagai penjual.

Karena mudahnya berjualan di marketplace, ini membuat tingkat persaingan semakin tinggi. Semakin banyak orang-orang yang mulai berjualan disini. Ibaratnya ada orang yang menawarkan kepada kita sebuah tempat umum yang lokasinya strategis untuk berjualan dan kita bisa berjualan disana tanpa biaya apapun. Secara otomatis orang lain akan banyak yang tertarik ikut kan, karena gratis.

2. Membuat Kolam Sendiri

Pengertian kolam disini hanya sebagai kiasan saja. Dalam dunia marketing, kolam adalah tribe. Tribe menurut Seth Godin ” A tribe is a group of people connected to one another, connected to a leader, and connected to an idea

Dari pengertian diatas dapat kita simpulkan bahwa di dalam tribe terdapat 3 hal yang harus ada, yaitu member, leader dan ide.

Member adalah orang-orang yang bergabung kedalam group tribe Anda. Mereka yang bergabung biasanya adalah orang-orang yang memiliki ketertarikan dengan apa yang mereka sukai, misal hobi. Leader adalah kita sebagai pemilik tribe yang tugasnya adalah memimpin dan saling berkomunikasi dengan lainnya. Ide bisa tentang apa saja, biasanya tentan hobi, pengetahuan, wawasan, ilmu, pengalaman, dll.

Jika Anda berjualan online dengan cara membangun kolam/tribe, Anda harus bisa memimpin dan memberikan ide. Dengan demikian, member akan semakin mengenal Anda dan tidak sulit bagi Anda untuk menawarkan kepada mereka mengenai apa yang Anda jual.

Hal penting yang harus Anda ketahui, berjualan dengan cara ini tidaklah mudah, Anda butuh waktu untuk melakukan pendekatan kepada mereka terlebih dahulu dan tidak disarankan untuk langsung berjualan dengan hard selling.

Berikut ini adalah salah satu tribe/kolam milik saya pribadi yang saya bangun mulai tahun 2015 awal.

Jual Beli Sepatu Sneakers : https://www.facebook.com/groups/1593597187538752/

Group ini dulunya adalah sebagai sarana saya untuk mencari reseller sepatu sneakers yang saya jual. Group ini saya bangun secara organik, tanpa menggunakan iklan berbayar. Dan ini adalah salah satu asset digital yang saya miliki. Suatu saat jika saya memiliki produk yang berkaitan dengan sepatu, bisa menawarkan kepada mereka untuk menjadi reseller produk saya.

3. Berjualan Melalui Fanpage

Fanpage adalah sebuah halaman seperti blog yang digunakan untuk menyediakan informasi sesuai dengan tujuan pemiliknya. Sudah banyak perusahaan, artis, komunitas dan bahkan pemain toko online yang menggunakan fitur ini.

Fungsi fanpage adalah untuk mengumpulkan prospek ( fans ) sebanyak-banyak yang nantinya akan dikirimkan konten marketing yang tujuannya untuk menghasilkan penjualan.

Fanpage juga sangat cocok digunakan untuk para pemain toko online yang ingin meningkatkan penjualannya melalui facebook. Selain itu, fanpage wajib dimiliki bagi Anda yang ingin beriklan di facebook.

Bagi Anda yang ingin berjualan melalui fanpage, saya sarankan juga mempelajari tentang facebook Ads. Karena untuk memaksimalkan hasil penjualan Anda butuh traffic yang banyak, dan facebook Ads salah satu solusinya.