Cara Menemukan Peluang Bisnis

Dalam memulai sebuah bisnis hal yang paling sulit adalah menemukan ide cemerlang, sesuai potensi diri dan bermodal kecil tapi bisa mendapatkan keuntungan besar dalam waktu cepat.

Menciptakan sebuah bisnis seperti diatas awalnya memang tidak mudah, tetapi bukan berarti tidak mungkin.

Anda bisa memulainya dengan banyak membaca buku dan mengamati bisnis di sekeliling Anda. Dengan mengamati dan meningkatkan radar bisnis, secara tidak sadar Anda akan semakin peka dengan apa yang sedang terjadi.

Sama halnya dengan berjualan online. Jika Anda masih bingung dengan apa yang akan Anda jual, Anda bisa melakukan dengan cara ini. Perhatikan apa yang sedang terjadi di sosial media. Apa yang sedang ramai disana dan pikirkan apa yang bisa menjadi peluang bisnis bagi kita.

Jika Anda pemula dalam berjualan online, Anda bisa mencoba berjualan produk yang yang sedang ramai menjadi trending topic di sosial media.

Contoh dari pengalaman saya pribadi, awal tahun 2016 saat terjadi bom di sekitar sarinah, kaos polo dengan tulisan “Turn Back Crime” tiba-tiba menjadi viral.

Prinsip dalam berbisnis melalui internet sebenarnya tidak terlalu sulit, tetapi kadang juga ga terlalu mudah. Ada satu prinsip yang selalu saya pegang sampai sekarang yaitu ” DIMANA ADA KERAMAIAN DISITU UANG BEREDAR “.

Saat kaos Turn Back Crime ( TBC ) ramai dibicarakan, akhirnya saya juga mulai menjualnya melalui media internet. Saya hanya mencari supplier di marketplace dan promosi hanya melalui facebook ads saja.

Diluar dugaan, saya pikir kaos ini ga bakal laku, tapi Thanks God banget ternyata dalam sehari bisa closing 5-10 pcs. Hehe