Cara Membuat Fanspage di Facebook

Masih banyak pemula yang berjualan online melalui facebook menggunakan cara yang menurut saya pribadi kurang etis, seperti tag foto, menawarkan produk melalui kirim pesan/inbox, invite massal ke group jualannya, dll.

Padahal berjualan di facebook dengan cara yang lebih baik masih bisa dilakukan. Karena kebiasaan pemula itu, akhirnya facebook membuat satu fitur yang bisa digunakan untuk melakukan promosi di facebook. Fitur ini biasa disebut dengan fanpage.

Fanpage adalah sebuah halaman seperti blog yang digunakan untuk menyediakan informasi sesuai dengan tujuan pemiliknya. Sudah banyak perusahaan, artis, komunitas dan bahkan pemain toko online yang menggunakan fitur ini.

Fungsi fanpage adalah untuk mengumpulkan prospek ( fans ) sebanyak-banyak yang nantinya akan dikirimkan konten marketing yang tujuannya untuk menghasilkan penjualan.

Fanpage juga sangat cocok digunakan untuk para pemain toko online yang ingin meningkatkan penjualannya melalui facebook. Selain itu, fanpage wajib dimiliki bagi Anda yang ingin beriklan di facebook.

Cara Membuat Fanpage

1. Login ke facebook.com

2. Pada bagian kiri halaman facebook, pilih page. Seperti pada gambar berikut :

Cara Membuat Fanspage di Facebook

3. Atau bisa dengan mengunjungi link berikut ini : https://www.facebook.com/pages/create

4. Maka Anda akan dihadapkan dengan tampilan seperti berikut :

Cara Membuat Fanspage di Facebook

5. Silahkan Anda pilih sesuai kebutuhan dan disesuaikan dengan produk yang akan Anda tawarkan melalui facebook. Untuk toko online bisa pilih local business or place.

6. Jika sudah, maka akan tampil seperti berikut.

Cara Membuat Fanspage di Facebook

7. Isi data yang diperlukan, lalu klik Get Started

8. Maka akan muncul tampilan seperti berikut ini.

Cara Membuat Fanspage di Facebook

9. Silahkan Anda lengkapi data-datanya seperti username, foto dan informasi yang terkait dengan produk yang akan di promosikan.

Cara Membuat Fanspage di Facebook

 

Setelah fanpage sudah Anda buat, silahkan lakukan pengaturan dan isi fanpage Anda dengan konten yang berkaitan dengan produk yang Anda jual.

  • Memasang Foto Cover

Anda perlu memasang foto cover atu sampul foto untuk bisnis Anda. Ukuran gambar yang bisa digunakan adalah Panjang = 851px dan Tinggi = 315px

Pastikan bahwa foto yang Anda gunakan sudah sesuai dengan produk yang akan Anda promosikan melalui facebook, selain itu foto cover juga

harus tampil menarik mungkin.

  • Mengatur Tabs

Silahkan atur tabs sesuai dengan keinginan Anda. Anda bisa menambahkan tabs seperti video, foto, event dan lainnya. Tabs yang baik akan membantu prospek untuk mengenal lebih detail tentang bisnis Anda.

  • Membuat Konten

Setelah pengaturan fanpage selesai, silahkan isi dengan konten-konten yang menarik. Tujuan membuat konten adalah supaya fans Anda bisa berinteraksi dengan Anda dan pastikan Anda membalas komentar dan pesan yang dikirimkan oleh fans Anda.