Apa Itu SEO ?

Suatu proses yang dilakukan secara sistematis untuk membuat website kita berada halaman 1 mesin pencari, itulah yang disebut dengan SEO ( Search Engine Optimization ).

Untuk meningkatkan banyaknya dan kualitas trafik kunjungan melalui sebuah mesin pencari ( search engine ) menuju situs web dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut melalui kata kunci tertentu kita membutuhkan Teknik SEO.

 

Apa Itu SEO ?

Tujuan utama dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan.

Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung, yang nantinya juga akan berpeluang terhadap konversi penjualan bisnis online Anda.

Sejalan dengan makin berkembangnya pemanfaatan jaringan internet sebagai media bisnis, kebutuhan atas SEO juga semakin meningkat.

Berada pada posisi teratas hasil pencarian akan meningkatkan peluang sebuah perusahaan pemasaran berbasis web untuk mendapatkan pelanggan baru.

 

Apakah Teknik SEO Berbahaya Bagi Website?

Berdasarkan panduan resmi mesin pencari, SEO bukanlah teknik ilegal jika dilakukan dengan mengikuti etika dan aturan yang ada.

Hal tersebut untuk menjamin setiap situs web memperoleh kesempatan yang sama dalam pencarian, dan pemeringkatan dilakukan dengan obyektif, di mana yang paling berperan dalam menentukan peringkat suatu halaman web adalah kualitas dan manfaatnya bagi pengguna internet.

 

Perkembangan SEO Dalam Bisnis

Bisnis dan layanan SEO berkembang pesat seiring dengan pertumbuhan web, yang menyebabkan sebuah situs harus berusaha lebih keras agar alamatnya lebih mudah ditemukan pengunjung di antara jutaan alamat situs lain dari seluruh dunia yang menjadi kompetitornya.

Mesin pencari merupakan pintu masuk utama, karena pengguna internet tidak lagi sanggup menghafalkan jutaan situs web, dan sebagai gantinya mereka mengandalkan hasil pencarian dari GoogleYahoo!Bing, dan mesin pencari lain.

Berada pada posisi teratas atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian untuk subyek tertentu memberikan keuntungan ganda bagi bisnis yang melakukan pemasaran via internet:

  1. Peluang  traffic / calon pelanggan mengunjungi situs web mereka menjadi lebih besar. Hal tersebut dapat berlanjut pada meningkatnya tingkat konversi dari pengunjung biasa menjadi pembeli.
  2. Berada pada peringkat pertama hasil pencarian memberikan citra dan reputasi yang baik bagi sebuah situs di mata pengunjung.

 

Trafik dalam suatu website merupakan sebuah angka yang berisi informasi tentang jumlah pengunjung yang mengunjungi web/blog kita setiap harinya.

Dengan semakin besarnya trafik website kita, semakin besar pula kesempatan yang dapat kita gunakan dalam berbisnis online nantinya.

Bisa Anda bayangkan jika Anda memiliki trafik dengan total 1.000 pengunjung per harinya, kita ambil saja asumsi bahwa akan ada 10% pembeli dari total pengunjung website Anda.

Lalu bagaimana caranya menghasilkan trafik yang besar untuk website kita ??? Disinilah teknik SEO bekerja.

Dengan kemampuan teknik SEO yang akan kita miliki nantinya, diharapkan Anda dapat menghasilkan trafik yang melimpah untuk binis online Anda.