Dapatkan strategi terbaru berjualan online untuk meningkatkan penjualan 3x lebih banyak

Anda Seorang Pemimpin dalam Perusahaan? Tingkatkan Skill Leadership Anda dengan 5 Cara ini

meningkatkan skill leadership

Ketika Anda merasa bahwa pencapaian karir tidak berkembang mungkin salah satu faktor penyebabnya adalah kurangnya kemampuan kepemimpinan. Anda tidak dapat mengatur porsi dan waktu pekerjaan dengan baik sehingga semuanya menjadi kacau. Bukan hanya seorang CEO, Direktur atau Manajer saja yang membutuhkan skill kepemimpinan, tapi semua orang butuh kemampuan ini untuk mengatur segala urusan dalam hidupnya.

Mengapa kemampuan kepemimpinan diperlukan oleh semua orang? Bukankah jika terlalu banyak pemimpin dan semua ingin mendominasi malah berakibat kekacauan? Tenang, konsep kepemimpinan sama sekali bukan mengenai siapa yang memimpin, tapi lebih kepada bagaimana menjadi pemimpin bagi segala urusan Anda. Ada 7 karakter kepemimpinan yang harus Anda ketahui yaitu Menginsipirasi dan memotivasi, jujur, solutif, mampu berkomunikasi dengan baik, dapat bekerjasama dengan tim, membina hubungan dengan baik dan berani bertanggung jawab. Jadi apakah dominasi termasuk di dalamnya?

Anda sudah mengetahui apa saja karakter kepemimpinan, kini saatnya Anda meningkatkan kemampuan kepemimpinan Anda untuk mencapai karir yang gemilang. Berikut adalah cara sederhana yang dapat meningkatkan kemampuan kepemimpinan Anda.

1. Tentukan Prioritas

Buatlah daftar pekerjaan yang harus Anda selesaikan lalu buatlah skala prioritas , apakah Anda harus mengerjakan tugas dengan tenggat waktu paling dekat, atau mengerjakan hal yang lebih mudah terlebih dahulu. Pengaturan ini sangat penting karena akan menghemat waktu dan memberikan hasil maksimal dibandingkan Anda melakukan segala pekerjaan dalam waktu yang bersamaan.

2. Perbanyak Membaca Literasi Keilmuan

Perkaya kemampuan kosa kata sekaligus pengetahuan Anda dengan memperbanyak membaca literasi keilmuan. Membosankan memang dibandingkan Anda membaca majalah atau caption lucu pada sosial media, namun hal ini akan melatih Anda agar dapat memperluas pemahaman makna kata dan pengetahuan Anda mengenai suatu bidang ilmu. Ingat pemimpin yang baik bukanlah pemimpin yang gagap berbicara dan tong kosong saat berucap.

3. Tenang dan Sabar

Jangan mudah terbawa emosi baik ketika sedih, kesal ataupun senang. Jadilah pribadi yang dapat mengatur emosi Anda dalam setiap suasana. Biasakan untuk bersikap tenang, agar Anda mampu berpikir dengan jernih saat mengambil keputusan.

4. Tebar Motivasi

Jangan sungkan untuk menunjukan dukunganmu terhadap siapapun, biasakan memberikan motivasi dibandingkan mencaci di belakang orang lain. Tunjukan sikap yang menginspirasi melalui motivasi yang Anda berikan, serta tunjukan bahwa Anda alah rekan yang optimis.

5. Biasakan Fokus

Jauhkanlah diri Anda dari kebiasaan yang membuang-buang waktu untuk pekerjaan Anda. Buatlah suatu target hidup yang sangat Anda inginkan, jadikan hal tersebut energi untuk membantu Anda fokus dan mampu menyelesaikan segala pekerjaan Anda tepat waktu.

Ada pertanyaan atau komentar?

Your email address will not be published. Required fields are marked *