Alasan Kenapa Anda Tidak Boleh Melupakan Networking dalam Kesibukan Anda Menjalankan Bisnis

pentingnya networking dalam bisnis

Networking adalah faktor yang sangat penting untuk membantu menyuburkan pertumbuhan bisnis Anda. Bagaimana tidak, menurut para pakar bisnis, networking memegang peranan yang sangat vital, bahkan mencapai skor persentase di atas 60 persen. Apabila Anda tidak menjaga atau mengembangkan relasi dengan klien, vendor, pelanggan atau supplier mustahil bisnis Anda dapat berkembang. Pentingnya menjaga dan membangun relasi bisnis dengan ‘kerabat’ usaha Anda, harus mendapat perhatian juga.

Ketika bisnis Anda sedang berada dalam performa terbaik dan banyak menyita waktu Anda, jangan pernah melupakan waktu untuk ‘bergaul’. Tarik diri sejenak untuk berkumpul bersama relasi maupun kegiatan-kegiatan seminar dan pelatihan yang dapat mempertemukan Anda dengan orang baru. Apa tujuannya? Tentu untuk mencari kesempatan dan ide baru dalam mengembangkan bisnis Anda. Karena sudah terbukti, ketika semakin besar networking akan semakin besar pula bisnis Anda  dan berikut ini adalah alasan mengapa Networking tidak boleh dilupakan.

Bersama Partner Melakukan Co-Branding

Menurut pakar marketing Co-Branding adalah suatu strategi kerjasama untuk menciptakan suatu produk dengan menggabungkan nilai produk dari masing-masing brand. Secara garis besar, tujuan Co-Branding adalah meningkatkan nilai kekuatan produk dengan menggabungkan kekuatan merek-merek yang berkolaborasi. Contohnya seperti kolaborasi antara Apple dan Nike membuahkan produk baru berupa sensor nirkabel di sepatu yang bisa berkomunikasi dengan iPhone.

Mendapat Informasi Mengenai Trend Bisnis Lebih Mudah

Anda tidak perlu repot-repot membuat survey atau memanggil pihak ketiga yang harus Anda bayar demi sebuah informasi mengenai trend bisnis di pasar. Temukan informasi tersebut dari relasi Anda yang memiliki data akurat mengenai hal tersebut, dengan catatan Anda memiliki hubungan baik dengan relasi Anda. Layaknya sahabat baik pasti relasi Anda akan rela berbagi informasi apapun dengan Anda dan jangan lupa untuk melakukan hal sebaliknya kepada relasi Anda.

Ajang untuk Memperkenalkan Bisnis Anda

Salah satu keuntungan yang bisa Anda dapatkan dalam membangun sebuah networking adalah orang lain menjadi tahu keberadaan bisnis yang Anda jalani. Jangan malu dan ragu untuk memberitahu bisnis yang Anda miliki meskipun saat ini masih dalam skala kecil. Karena bisa jadi, bisnis Anda adalah model yang tepat untuk dapat diajak bekerjasama. Sisipkan kartu nama di setiap kesempatan bertemu orang baru agar mereka mudah mencari informasi mengenai Anda apabila suatu saat dibutuhkan.

Memperbaiki Situasi Bisnis Bersama

Seiring dengan pertukaran informasi yang terjadi diantara masing-masing relasi bisnis Anda, pasti akan ada kendala-kendala yang dihadapi oleh masing-masing bisnis yang dijalani. Cobalah untuk menjawab tantangan tersebut bersama dan buatlah rancangan program yang dapat saling menguntungkan untuk Anda dan relasi Anda.