5 Tools SEO yang Memudahkan Anda dalam Memperbaiki Peringkat Website Anda di Google

tools seo

Dalam bisnis online, SEO diyakini banyak berperan mendatangkan jumlah kunjungan dan closing penjualan. Namun nyatanya, untuk menjadikan website kita bisa menempati rangking yang bagus di mesin pencari melalui teknik SEO tidaklah mudah.

SEO sendiri bisa menjadi sangat kompleks prosesnya. Bahkan jika Anda memiliki pemahaman mendalam tentang konsep SEO, teknik peringkat pada halaman satu di halaman hasil mesin pencari (SERPs), proses yang dijalani tetaplah tidak mudah. Di sinilah tools SEO yang tepat dapat membantu Anda.

Dalam posting ini, saya telah membuat daftar lima tools SEO yang dapat membantu Anda dalam perjalanan Anda menuju kesuksesan bisnis dengan teknik SEO yang tepat. Berikut ini ulasannya:

1. Google PageSpeed ​​Insights

Google PageSpeed ​​Insights digunakan untuk memeriksa kecepatan dan kegunaan situs Anda di beberapa perangkat, apakah hasilnya bagus atau dibawah standar. Anda cukup memasukkan URL, dan tools ini akan menguji waktu dan kinerja pemuatan (loading time) untuk platform desktop dan seluler, serta mengidentifikasi peluang untuk meningkatkannya lagi. Hasil seluler juga dilengkapi dengan skor pengalaman pengguna, area penilaian seperti target klik dan ukuran font.

2. Moz Local Listing Score (moz.com)

Moz Local Listing Score memasukkan data dari lebih dari 15 sumber yang berbeda termasuk Google, Foursquare, dan Facebook. Hasil data lengkap tersebut dapat digunakan untuk perbaikan situs terutama untuk konten yang tidak konsisten atau tidak lengkap.

3. Keywordtool.io

Keywordtool bekerja dengan memasukkan kata kunci, dan setiap keyword yang dimasukkan memberikan sejumlah besar peluang kata kunci turunan yang bisa digunakan untuk membuat target kunjungan baru (unique visitors) sehingga peringkat situs menjadi lebih bagus lagi.

4. Google Analytics

Google Analytics memberikan ulasan statistik web lengkap atas setiap pencarian baru. Selain melacak hampir semua lalu lintas di situs web Anda, Analytics juga memunculkan banyak turunan kata kunci mengenai kata kunci yang digunakan orang untuk masuk ke halaman Anda.

5. Google Webmaster Tools + Bing Webmaster Tools

Google Webmaster Tools memberikan hasil analisis, pemberitahuan, dan laporan kesalahan situs web secara konstan. Tools webmaster ini membantu memberi Anda masukan atas apa yang dianggap penting oleh kedua mesin pencari teratas tentang situs Anda. Anda juga bisa melihat bug, lansiran, dan masalah pengindeksan atau yang lainya melalui tools ini.