5 Tips Menemukan Partner Bisnis yang Tepat untuk Mensukseskan Bisnis Anda

Tips Menemukan Partner Bisnis

Banyak yang gagal menjalankan bisnis hanya gara-gara salah memilih partner bisnis yang tepat. Hal ini biasanya terjadi karena ketidak sepahaman dengan partner bisnisnya atau satu sama lain memiliki visi yang berbeda.

Jika saat ini Anda berencana memulai bisnis dan sedang mencari partner bisnis yang tepat, pilihlah secara hati-hati. Lakukan pendekatan di bawah ini dan ikuti langkah-langkahnya.

Ketahui Kekuatan dan Kemampuan Anda Terlebih Dahulu

Buat deskripsi pekerjaan yang bisa Anda lakukan berdasarkan kekuatan dan kemampuan Anda. Apakah anda lebih kuat dalam bidang manajemen, negosiasi atau Anda memiliki skill marketing, design dan lain sebagainya. Tuliskan secara detail agar Anda bisa mengetahui partner seperti apa yang Anda butuhkan.

Tentukan Value apa yang Anda Cari dari Partner Bisnis Anda

Selanjutnya tentukan peran yang akan diambil oleh partner Anda dan kemampuan apa yang harus dia miliki yang saat ini menjadi kelemahan Anda. Tentukan apakah partner akan berperan sebagai pengambil keputusan, operasional dan lain sebagainya, dia akan mempengaruhi citra perusahaan baik secara internal maupun eksternal.

Jika bagi Anda komitmen, integritas dan kejujuran adalah kualitas yang penting, tentukan kriteria calon partner Anda terlebih dahulu untuk menjadi bahan pertimbangan setiap calon partner yang sedang Anda incar.

Mulai Mencari Partner dari Lingkungan Anda

Lingkungan Anda harus mengetahui rencana bisnis Anda, beritahu setiap relasi yang Anda percaya, bisa jadi mereka akan merekomendasikan seseorang yang sesuai dengan kriteria Anda.

Tetap Open Mind Terhadap Semua Calon Partner Bisnis Anda

Saat mendapatkan calon-calon yang tepat sesuai dengan kriteria, Anda mungkin akan menemukan seseorang yang merupakan partner yang ideal tapi tidak memiliki uang untuk berinvestasi. Anda juga akan menemukan calon investor tapi dia tidak mau menjadi partner bisnis Anda, hanya ingin berinvestasi. Terbukalah pada setiap calon partner Anda, dan pilihlah yang ideal dan masuk akal bagi bisnis Anda.

Pelajari Semua yang Anda Dapat tentang Partner Anda

Ketika Anda sudah memutuskan untuk berpartner dengan seseorang, mulailah lebih jauh mengenal pribadi partner Anda. Ajukan pertanyaan yang mampu mendorongan dan memotivasi dia untuk mengeluarkan ide-ide “gila” untuk bisnis Anda. Dengan cara ini Anda akan dapat menyerahkan tanggung jawab dengan percaya diri, dan mempercayakan semuanya pada partner bisnis Anda.

Apa pun perjanjian akhir yang kalian putuskan, pastikan untuk menetapkan perjanjiannya secara tertulis dengan bantuan penasihat hukum Anda. Buatlah perjanjian hitam di atas putih sesuai dengan kesepakatan bersama. 

Dengan mengikuti langkah-langkah ini dipastikan kerjasama Anda dengan partner bisnis Anda dimulai dengan awal yang baik dan dengan landasan yang kuat untuk menumbuhkan bisnis yang kuat dan menguntungkan.