5 Tips Berbisnis Online Untuk Pemula

Memulai bisnis online bisa menjadi suatu hal yang menantang bagi sebagian orang. Meskipun relatif mudah, namun perlu perencanaan yang matang agar bisnis Anda bisa sukses.

Jika Anda baru mau memulai bisnis online, maka membaca artikel ini adalah keputusan yang tepat.
Kami akan berbagi tips sebagai panduan bagi Anda yang ingin memulai karir sebagai entrepreneur.

1. Mulai Bisnis Dengan Produk Yang Anda Familiar

Seringkali ketika memulai bisnis, kita justru memilih produk yang lagi trend dan gampang dijual. Ini tidak salah, karena kita mengendarai trend.

Namun untuk diawal ini justru harus dihindari, kenapa? Karena Anda bersaing dengan ratusan bahkan ribuan penjual yang juga mengikuti trend!

Karena itu mulailah dengan produk yang Anda familiar. Contohnya, jika Anda suka fotografi – maka cobalah bekerjasama dengan toko kamera lokal, dan pasarkan melalui marketplace.

Dengan begini, Anda tidak perlu repot memikirkan materi iklan yang sesuai – karena Anda sudah mengenal dengan baik persona dari produk tersebut!

2. Memberikan Value Lebih

Patut dicatat, Anda tidak sendirian – mau tidak mau, pasti Ada kompetitor diluar sana yang menjual barang sama persis dengan yang Anda punya.

Terus bagaimana solusinya?

Berikan “Value” lebih untuk customer Anda, sehingga customer punya alasan kuat “kenapa” mereka haurs beli dari Anda dan bukan yang lain.

Pikirkan baik-baik value unik yang bisa Anda berikan sebagai pembeda dari kompetitor sejenis.

3. Kumpulkan Testimoni

Salah satu kesalahan paling rawan untuk pebisnis online pemula adalah: tidak mengumpulkan testimoni dari para pembeli.

Padahal ini penting loh, testimoni bertujuan untuk meningkatkan rasa trust dan kredibilitas Anda sebagai penjual dimata customer.

Kumpulkan testimoni, letakkan pada landing page pada laman situs Anda.

4. Wajib Konsisten

Selayaknya bisnis konvensional, bisnis online pun harus tekun dan konsisten kalau mau sukses. Tidak ada bisnis yang sukses dibuat dalam sehari atau seminggu, mereka semua memakan waktu bertahun-tahun sebelum akhirnya terlihat hasilnya.

5. Belajar Dari Mentor Yang Berpengalaman.

Belajar dari mentor yang tepat akan menghemat banyak biaya & waktu Anda. Dia akan memberikan feedback yang konstruktif dan dapat memberikan masukan secara objective.