Kerja di Rumah Kadang Bikin Gak Profesional, Ini 5 Tips Agar Anda Tetap Produktif

Kerja di rumah lebih produktif

Kerja di rumah emang terlihat enak. Namun, ternyata kadang gak semudah kelihatannya. Ada banyak godaan saat Anda memilih untuk bekerja dari rumah.

Di satu sisi tentu saja kerja dari rumah kasih keuntungan. Beberapa di antaranya adalah Anda tak perlu habiskan waktu untuk perjalanan ke kantor. Apalagi kalau Anda kerja di ibukota yang notabene sering kali macet dan padat. Kemudian, Anda tentu saja bisa menghemat dana untuk transportasi.

Meski beri banyak keuntungan, kerja dari rumah bisa jadi bikin Anda kurang produktif. Lho?

Bayangkan saja, kasur ada di dekat Anda. Tentu godaan kuat untuk leyeh-leyeh sebentar yang malah akhirnya berakhir tidur seharian. Selain itu, mungkin ada saja pengalih perhatian yang bikin Anda tak konsen.

Agar hal ini tidak terjadi, yuk simak tips agar tetap produktif saat kerja dari rumah berikut ini.

Bikin Jadwal Kerja

Mentang-mentang kerja di rumah bukan berarti Anda gak punya jadwal kerja dong. Jadwal kerja bakal bermanfaat banget untuk mengendalikan diri Anda agar mengerjakan tugas sesuai rencana.

Jadi, mulai sekarang buatlah timeline pekerjaan Anda.

Gak Ada Salahnya Bangun Pagi dan Mandi

Meski Anda tidak ke kantor lagi, Anda tetap bisa kok mempertahankan rutinitas Anda seperti kerja ke kantor. Jadi, Anda bangun pagi dan mandi. Kemudian, duduk di meja kerja Anda.

Kenapa cara ini ampuh bikin Anda produktif kerja di rumah? Yang pertama, pagi hari biasanya bikin Anda lebih punya banyak waktu untuk bekerja. Kemudian, Anda pun merasa segar sesudah mandi.

Biasanya yang bikin malas untuk melakukan apapun karena Anda belum mandi. Jadi, bawaannya masih pengin tidur terus.

Bikin Ruang Kerja Senyaman Mungkin

Kerja makin semangat kalau ruang kerja Anda pun mendukung. Jadi, Anda bisa bikin ruang kerja senyaman mungkin. Bahkan, pisahkah ruang kerja Anda dengan ruangan lainnya di rumah.

Dengan demikian, Anda bisa lebih konsentrasi tanpa interupsi dari anggota keluarga maupun hal lainnya.

Seimbangkan dengan Istirahat dan Olahraga

Sayang sekali karena terlalu asyik bekerja di rumah malah lupa untuk istirahat dan olahraga. Padahal, tanpa istirahat cukup, bisa-bisa keesokan hari Anda malah tidak produktif karena mengantuk. Akhirnya, pekerjaan pun berantakan tak sesuai jadwal.

Jadi, meskipun sudah senyaman apapun Anda bekerja di rumah, ada baiknya gak lupa waktu. Seimbangkan dengan istirahat dan olahraga.

Jangan Tunda-Tunda Pekerjaan

Yang bikin malas untuk menyelesaikan pekerjaan sering kali karena pekerjaan sudah menumpuk. Tentu saja ini akibat menunda.

Oleh karena itu, jangan pernah tunda-tunda pekerjaan Anda ya. Waktu yang longgar bila kerja di rumah tentu gak bikin Anda merasa gampang menyelesaikan pekerjaan besok dan besoknya lagi. Sekarang aja yuk!

Jadi, sekarang sudah bisa produktif kerja di rumah kan?