5 Teknik SEO Dasar Yang Patut di Perhatikan!

SEO bukanlah matematika, tidak ada rumus atau formula yang tepat agar hasilnya terlihat cepat. Kabar baiknya, SEO bisa dipelajari. Ada banyak strategi yang mengajarkan teknik SEO, namun kebanyakan lupa bahwa ada beberapa prinsip dasar yang sangat di rekomendasikan.

Karena tak peduli seberapa cepat perubahan aturan algoritma Google, SEO tetap berlaku.

Nah, berikut ini adalah 5 Teknik SEO Dasar yang bisa Anda coba!

  • Keyword untuk Title & Deskripsi

Jika Anda menggunakan WordPress sebagai CMS untuk website Anda, maka Kami merekomendasikan SEO plugin yang Kami anggap efektif.

Yoast plugin sudah cukup terkenal dikalangan pengguna WordPress plugin for SEO. Dengan menggunakan Yoast plugin, Anda dapat mengoptimasi kata kunci yang jadi fokus konten Anda.

Title dan deskipsi adalah label yang akan dibaca oleh Google, jika tidak diisi maka Google akan membaca paragraf awal konten Anda yang biasanya tidak teroptimasi dengan benar.

So, pastikan Anda memasukkan Title & Deskripsi pada 2 form di Yoast!

  • ALT title gambar kosong

Selanjutnya, memasukkan Alt title pada gambar. Kenapa ini penting? Karena Alt title ini akan menjadi rujukan bagi Google untuk menampilkan gambar Anda di Google Image Search.

  • Permalink

Kebanyakan orang sering lupa untuk memperhatikan permalink ini. Tidak jarang kita temui justru permalink diisi sembarangan.

Tapi jika bicara SEO maka mengoptimasi permalink tak kalah penting dengan membuat konten yang baik.

Permalink seharusnya berupa teks, kalau bisa berupa kata kunci atau kombinasinya. Bukan angka, kode atau hanya tanggal.

  • Eksternal link

Eksternal link atau tautan ke situs lain tak kalah penting, terutama ke situs-situs rujukan yang sudah mempunyai reputasi yang baik misalnya Wikipedia.

Dengan memberikan rujukan eksternal link yang baik, maka secara tidak langsung halaman Anda dipandang berkontribusi terhadap penyebaran informasi yang valid.

  • Internal link

Yang tak kalah penting tapi sering dianggap remeh adalah internal link atau tautan konten situs sendiri. Sejak update Google Panda, internal link menjadi vital. Namun begitu, internal link yang baik haruslah benar-benar mewakili anchor text yang dipilih. Jangan memberikan rujukan internal link di anchor text yang tak berhubungan sama sekali.

Teknik-teknik SEO di atas sekilas memang terkesan sederhana, tapi dampaknya terhadap rangking SEO Anda sangatlah besar. Nah, saatnya Anda mempraktekkan apa yang sudah baca – Selamat Mencoba!