5 Hal Ini Akan Membuat Kamu Lebih Sukses!

Semua orang ingin sukses, betul? Entah sukses dalam karir ataupun bisnis.

Meskipun definisi sukses bervariasi – namun 5 Hal ini akan membantu Anda untuk mencapai kesuksesan pribadi.

1. Tebal Muka a.k.a Tidak Tahu Malu 

Mungkin Anda pernah jadi bahan gosip atau dibicarakan oleh orang lain? semisal Anda baru mulai usaha, atau usaha Anda sedang jelek-jeleknya. Semakin Anda memikirkannya, semakin susah untuk Anda maju.

Ketika Anda menawarkan produk Anda, pasti selalu ada orang yang menolak. Anda tidak boleh malu terhadap penolakan, justru itu menjadi pemicu untuk Anda semakin berusaha.

Jangan pernah malu memulai semuanya dari nol, ingat kerajaan bisnis Jack Ma tidak dibangun dalam semalam – perlu bertahun-tahun dan banyak cemoohan yang dilalui Jack Ma hingga bisa seperti sekarang ini.

2. Menyiapkan Dana Darurat

Tidak ada seorang pun berharap untuk mendapat kesialan. Namun yang namanya bencana bisa datang tiba-tiba, betul?

Ketika usaha Anda sedang turun atau saat Anda sedang mendapat musibah yang tidak diperkirakan, jangan menggunakan tabungan Anda – karena hal ini akan berpengaruh ke rencana jangka panjang Anda.

Sebaliknya, siapkan dari awal Dana Darurat yang bisa Anda sisihkan – letakkan di rekening terpisah.
Dana ini dapat digunakan untuk bertahan hidup, jika Anda sakit, Perusahaan butuh dana operasional tambahan, dan kebutuhan darurat lainnya.

3. Percaya Diri

Mengejar passion Anda – apapun itu, membutuhkan keberanian. Anda perlu convince calon investor, client bahkan saat merekrut tim. Kerap kali hal ini terlihat begitu mengintimidasi, namun ini hal yang tidak bisa dihindari.

Untuk itulah, Anda harus melatih kepercayaan diri.

Hal ini bisa dilatih, dari berbicara didepan cermin, memberanikan diri bicara dengan total stranger sampai memberikan pidato didepan panggung.

Lawan ketakutan Anda, dan naikkan level kepercayaan diri Anda!

4. Memiliki Goal

Jika kita tidak memiliki tujuan dalam melakukan sesuatu atau dalam kehidupan, maka kita akan sampai ke tempat yang tidak kita inginkan.

Dari hasil survey yang dilakukan, didapat suatu hasil dimana seseorang yang sukses adalah dikarenakan mereka mempunyai tujuan yang selalu mereka ingin capai dan secara bertahap mereka ukur pencapaiannya.

Hanya 3% dari seluruh orang di dunia yang mencatat dan menuliskan Goals dan Mimpinya, 27% lainnya hanya mengingatnya dan tidak menulisnya. Dan sementara 70% lainnya tidak pernah memikirkan ataupun menulis mimpi maupun tujuan mereka dalam hidup.

5. Mencari Mentor / Role Model

Hampir tidak ada pebisnis yang bisa sukses tanpa bantuan dari orang lain. Salah satu bantuan tersebut datang dalam bentuk mentorship.

Bahkan Steve Jobs yang terkenal individualis pun masih membutuhkan masukan dan dukungan dari waktu ke waktu. Tidak peduli apa profesi Anda, dari mana Anda berasal, pencapaian yang telah Anda raih, mentorship dapat menjadi aset penting dalam mencapai kesuksesan Anda.

Sudahkah Anda memiliki 5 Hal diatas ini? Jika belum dibagian manakah Anda kurang? Apa yang harus Anda lakukan? Segera cari tahu dan mulai menerapkannya!