4 Tips Sukses Berbisnis di Instagram

Kalau ada social media yang lagi booming banget beberapa tahun terakhir, ya Instagram!.

Tidak hanya sebagai tempat berbagi foto-foto dan gambar yang keren, Instagram merupakan salah satu platform bisnis yang paling laku. Saat ini sudah lebih dari 560 juta pengguna aktif di Instagram.

Dilansir dari katadata.co.id, saat ini jumlah pengguna aktif Instagram di Indonesia sudah melebihi 50 Juta user.
Bagi para pebisnis, ini salah satu target audience yang bisa menjadi ladang profit!

Jadi bagaimana kita bisa mendulang profit dari Instagram? Yuk simak tipsnya berikut ini!


High Quality Content

Instagram lebih mengarah ke gambar sehingga pastikan foto yang Anda gunakan memiliki resolusi yang cukup baik. Instagram merekomendasikan minimal 1000 x 1000 pixel untuk gambar yang dimuat.

Selain resolusi yang cukup baik, perhatikan konten yang ingin Anda post. Konten dari postingan haruslah relevan dengan produk atau jasa yang Anda jual.

Misalnya, jika Anda menjual produk kecantikan – maka Anda bisa menampilkan foto behind the scene pembuatan produk kecantikan yang mengedepankan “organik & natural” sehingga aman dipakai.

 


Berinteraksi & Engage Dengan Audience

Dalam platform media sosial apa pun, interaksi dengan audiens adalah sangat penting. Luangkan waktumu untuk membaca komentar-komentar yang ada dan membalas bila perlu. Manfaatkan caption untuk mengajak para pengguna meninggalkan komentar.

Terkadang pengguna memanfaatkan kolom komentar untuk bertanya atau melayangkan komplain. Jadi kolom komentar memiliki fungsi serupa dengan customer service.

Bila kamu bisa membalas komentar dengan cepat, pengguna akan merasa bahwa kamu benar-benar menghargai mereka. Ucapan simpel seperti “terima kasih” pun bisa berdampak besar.


Jaga Tema Brand Dengan Konsisten

Sekali lagi, ingat – Instagram sangat berfokus kepada visual. Selain menjaga resolusi dan konten yang relevan, Anda juga perlu menjaga agar tema Brand konsisten.

Mengambil contoh dari Tokopedia dan Bukalapak, hampir semua post mereka di dominasi dengan palette warna yang sesuai dengan Brand mereka. Begitu juga dengan formatnya.

Jika Anda konsisten, maka Instagram Feed Anda akan mudah di kenali – selain itu juga karena faktor estetika.

Brand yang unik dan konsisten juga akan memunculkan kesan tertentu di masyarakat, sehingga bisa menarik orang-orang yang merasa satu selera dengan brand milikmu. Ini akan menarik lebih banyak audiens secara natural.

 


Pasang iklan (Instagram Ads)

Menciptakan iklan yang efektif dan menarik bukan hal mudah. Mungkin kamu butuh percobaan lebih dari sekali sebelum menemukan cara yang tepat, karena itu ada baiknya kamu mempelajari iklan milik perusahaan lain. Kamu tidak boleh menyontek ide mereka, tapi kamu bisa menelaah iklan tersebut untuk mencari tahu apa penyebab iklan itu menarik.

Kamu juga bisa memanfaatkan metode split testing. Buat empat atau lima versi iklan untuk satu hal yang sama, namun dengan variasi gambar, teks, atau audiens target yang berbeda-beda. Variasi gambar adalah yang terpenting sebab gambar punya dampak terbesar dalam mendorong seseorang untuk mengeklik iklan.

Perhatikan bahwa ketika kamu hendak memasang iklan, Instagram akan menyajikan pilihan objective (tujuan) yang bisa kamu pilih. Misalnya brand awarenesstrafficconversions, dan sebagainya.

Pilihlah objective yang sesuai dengan campaign untuk hasil maksimal.