Belajar Copywriting Bagian #3

Secara sederhana copywriting adalah sebuah teknik menulis yang digunakan supaya pembaca semakin tertarik dengan tulisan yang kita buat.

Copywriting sangat penting sekali, karena yang kita lakukan secara online dan tanpa bertatap muka secara langsung, jadi semua aktifitas kita melalui sebuah tulisan. Tetapi tidak hanya sekadar menulis saja, semua ada pola dan ilmunya.

Di bagian materi sebelumnya saya sudah menjelaskan tentang struktur copywriting yang umumnya digunakan.

Masih ingat kan ?!

Yess, bener banget AIDA ( AttentionInterestDesireAction ). Anda bisa mengembangkan copywriting Anda sesuai dengan struktur AIDA yang sebelumnya saya jelaskan.

Dalam kondisi tertentu kadang copywriting yang dibuat tidak harus berpatokan pada unsur AIDA, bahkan ada beberapa yang di hilangkan maupun ditambahkan. Dari sekian banyaknya penjelasan tentang teknik copywriting, berikut adalah yang umumnya biasa digunakan, khususnya dalam berjualan online.

 

1. HEADLINE

Headline adalah bagian terpenting dari penawaran promosi yang Anda buat. Headline juga disebut sebagai judul sebuah tulisan Anda, tetapi ini bukan sembarangan menulis judul.

Headline atau judul penawaran Anda harus menarik. Jika headline Anda sudah tidak menarik, maka dapat dipastikan orang-orang tidak akan membaca penawaran promosi selanjutnya. Buatlah headline yang membuat mereka ingin terus membaca penawaran Anda.

Saya tekankan lagi, buatlah headline yang menarik. Karena headline adalah iklannya iklan Anda. Jika Anda tidak membuat headline yang menarik, maka mereka tidak akan membaca tulisan Anda lebih lanjut dan pasti tidak akan terjadi closing pembelian.

 

 

2. PENAWARAN

Tahukah Anda bahwa orang-orang yang membeli barang secara online bukan karena mereka benar-benar membutuhkannya, tapi karena penawaran yang dibuat sangat menarik. Pada bagian penawaran, Anda harus bisa menjelaskan mengapa produk ini ada. Di bagian ini Anda wajib menjelaskan kelebihan produk ataupun benefit yang di dapatkan.

 

 

3. ALASAN

Jika Anda ingin orang yang membaca penawaran langsung membeli produk Anda, maka Anda juga harus menjelaskan alasan kenapa mereka harus membeli di toko online Anda. Berbagai macam alasan bisa Anda buat untuk meyakinkan calon customer Anda, antara lain :

  • Mengapa mereka harus membeli produk Anda ?
  • Apa kelebihan produk Anda dengan produk sejenis ?
  • Kenapa harus beli sekarang ?
  • Kalau tidak beli, terus kenapa ?

 

4. BONUS

Mengapa bonus menjadi bagian dari sebuah penawaran ? Karena beberapa calon pembeli tidak hanya ingin membeli produk utama yang Anda tawarkan, tapi juga ingin mendapatkan bonusnya.

Tidak menutup kemungkinan juga jika mereka membeli produk karena hanya ingin mendapatkan bonus yang Anda tawarkan. Berikanlah bonus yang relevan atau sesuai dengan produk utama yang Anda tawarkan.

 

 

5. GARANSI

Selain bonus, ada satu hal lagi yang mejadi pertimbangan mereka sebelum membeli produk Anda, yaitu garansi. Adanya garansi membuat mereka tidak ragu untuk membeli produk Anda.

Garansi juga bisa menjadi salah satu kelebihan toko online Anda. Ketika Anda berani memberikan garansi, itu artinya produk Anda memang memiliki kualitas dan Anda dinilai sebagai penjual yang bertanggung jawab.

 

 

6. CALL TO ACTION

Call to action atau biasa disingkat CTA merupakan teknik bagaimana membuat calon pembeli untuk segera melakukan order pembelian. Teknik ini sangat penting supaya mempercepat terjadinya closing dari calon pembeli Anda.

Buatlah call to action yang jelas dan berisi sebuah perintah untuk melakukan sesuatu. Intinya adalah meminta mereka untuk beli sekarang juga.

Materi copywriting sudah saya jelaskan selama 3 hari ini, semoga Anda lebih mengerti dalam membuat copywriting yaa.

Jika masih ada pertanyaan, silahkan tanyakan melalui group telegram yaa.

Sampai bertemu besok.