Dapatkan strategi terbaru berjualan online untuk meningkatkan penjualan 3x lebih banyak

3 Tools Digital Marketing yang Wajib Digunakan untuk Bisnis Online

Tools Digital Marketing

Transformasi teknologi di dunia modern telah memindahkan banyak aktivitas manusia  yang semula dilakukan di dunia nyata kini bisa dilakukan secara virtual dalam dunia online. Jadi jika perusahaan Anda belum berjalan secara online, berarti Anda terlambat dalam mengikuti perkembangan jaman. Nyatanya, saat ini Anda hampir tidak membutuhkan tempat fisik lagi. Performa yang bagus secara online dapat membawa kesuksesan luar biasa, bahkan relatif tanpa membutuhkan toko atau kantor secara fisik.

Tetapi meningkatkan kehadiran online Anda bukanlah hal yang mudah. Untuk membuat produk atau layanan Anda laku keras di pasaran, Anda harus mengenal banyak alat pemasaran digital dan bisa mengoperasikannya dengan baik. Berikut ini adalah tools digital marketing yang wajib digunakan untuk bisnis online:

Google Analytics

Google Analytics harus menjadi bagian integral dari strategi pemasaran Anda sejak awal. Tools digital marketing ini gratis dan sebagai permulaan, Anda perlu fokus pada setiap aktivitas pengunjung.

Anda dapat menambahkan kode Analytics dalam website Anda. Alat ini memungkinkan Anda untuk melihat asal-usul lalu lintas pengunjung yang penting untuk dijadikan masukan strategi pemasaran. Dengan melihat statistik, Anda dapat mengetahui metode pemasaran apa yang tepat untuk dilakukan.

MailChimp (email marketing)`

Pemasaran melalui email sangat penting untuk dilakukan pada berbagai macam bisnis online jika mereka ingin sukses. Meskipun Twitter, Instagram, Facebook, dan YouTube adalah platform utama yang digunakan untuk pengenalan produk, namun sebagai media sosial pesan pemasaran Anda dalam platform ini akan mudah dilupakan orang dan berganti dengan postingan yang lain. Beda halnya dengan mailchimp.

Apakah Anda memiliki perkiraan jumlah email yang dikirim setiap hari di seluruh dunia? Sekitar 205 miliar email dikirim pada tahun 2015 dalam satu hari. Ini berarti bahwa hampir 2,4 juta email dikirim per detik atau total 74 triliun email dalam setahun.

Lebih dari 80 persen perusahaan B2B (bisnis ke bisnis) dan B2C (bisnis ke konsumen) menggunakan teknologi pemasaran email. Email lebih fleksibel dalam menyampaikan pesan pemasaran. MailChimp adalah pilihan yang sangat baik untuk alat pemasaran email yang bebas biaya untuk fitur-fitur dasar.

HubSpot

HubSpot merupakan platform CRM yang sangat populer dengan analisa detail dan konten artikel edukatif. HubSpot merupakan solusi pemasaran all-in-one untuk semua media sosial marketing. Ketika Anda menggunakan platform perangkat lunak untuk penjualan, dan pemasaran digital, yang Anda butuhkan hanyalah HubSpot. HubSpot membantu Anda analisa beberapa hal-hal berikut: Blogging, Analytics, SEO, E-mail, Media sosial, Otomasi Pemasaran, Situs web, Panggilan-untuk-Aksi (call to action).

Hal ini bisa menjadi alasan utama mengapa kebanyakan bisnis beralih ke HubSpot. Platform ini membantu dalam menarik lalu lintas, mengelolanya, menggunakan data untuk berbagai kata kunci, memahami perkembangan prospek dan melacak aktivitas pelanggan di titik interaksi dengan bantuan CRM yang terpasang.

Ada pertanyaan atau komentar?

Your email address will not be published. Required fields are marked *