3 Langkah Mulai Berjualan di Internet

Banyak orang yang ingin mulai berjualan online, tetapi mereka bingung bagaimana cara memulainya. Walau kelihatan mudah, mulai berjualan online ternyata tidak segampang yang mereka pikirkan. Awalnya mereka berpikir ingin mencoba menambah penghasilan lewat jualan online, tetapi tidak sedikit juga yang berhenti sebelum memulai karena keterbatasan pengetahuan yang mereka miliki.

Kebanyakan masalah para pemula yang ingin berjualan online adalah mereka bingung mau jualan apa di Internet, apalagi jika mereka tidak punya produk sendiri. Nah, bagi Anda yang masih kebingungan bagaimana cara jualan online, saya punya beberapa tips yang mungkin bisa dicoba. Tips ini sangat sederhana dan bisa langsung Anda praktekan sendiri.

1. Mulai Dari Apa Yang Anda Suka

Setiap dari kita pasti memiliki hobi atau hal yang sangat kita sukai. Anda bisa coba menjual barang-barang sesuai hobi yang kamu suka. Contoh, saya sangat suka dengan dunia fashion maka saya akan menjual produk seputar fashion ( missal : kaos, celana, jaket, sweater, sepatu, dsb ).

2. Mencari Supplier

Jika point 1 sudah Anda lakukan dan Anda sudah tahu produk apa yang akan dijual, langkah selanjutnya adalah dengan mencari suppliernya. Saat ini mencari supplier sangat mudah sekali, Anda bisa mengunjungi marketplace seperti Tokopedia & Bukalapak. Di marketplace kita bisa menemukan produk-produk murah yang bisa kita jual kembali kepada target market kita. Langkah mencari supplier ini sangat membantu jika saat ini Anda belum memiliki produk sendiri. Istilah lainnya adalah kita mencoba berjualan online melalui sistem dropship.

3. Promosikan ProdukAnda

Jika point 1 & 2 sudah Anda kerjakan, langkah selanjutnya adalah dengan mempromosikan produk. Promosi produk mudah sekali dilakukan, Anda bisa mempromosikannya melalui blog, forum jual beli dan media sosial seperti facebook, instagram, twitter, dsb.

Oiya, mengenai cara promosi bisa dilakukan dengan cara gratis maupun berbayar. Saya pribadi biasanya menggunakan cara berbayar, yaitu melalui Facebook Ads. Untuk tahap ini saya belum mau membahas masalah ini lebih detail. Tapi untuk sementara melakukan promosi bisa menggunakan cara gratisan dulu, misal posting produk di group facebook jual beli.