3 Langkah Mudah Mendapatkan Investor yang Tepat untuk Bisnis Online Pertama Anda

tips mendapatkan investor

Ketika Anda memiliki rencana bisnis online yang layak untuk dikerjakan dan Anda tahu berapa banyak kebutuhan pendanaan yang Anda butuhkan, serta apa yang akan digunakan, maka kini saatnya untuk mulai mencari investor.

Langkah mencari investor ini adalah langkah yang penting untuk diambil. Bersikap untuk selalu optimis merupakan cara terbaik untuk menarik investor. Anda mungkin perlu berbicara dengan ratusan investor sebelum Anda menemukan investor yang tepat untuk membiayai bisnis online Anda.

Bagi yang masih pemula, berikut ini beberapa cara untuk menemukan investor yang tepat untuk memulai bisnis Anda:

Ikut komunitas Start-up

Secara global ada banyak perusahaan yang telah meluncurkan platform khusus yang memberikan informasi, penelitian, dan bantuan dengan semua aspek yang ditentukan untuk meluncurkan bisnis online, termasuk cara untuk terhubung dengan investor. Perusahaan seperti startups.co menyediakan saluran yang nyaman untuk mencari investor dengan cara yang efisien. Tugas Anda adalah bergabung dengan komunitas seperti itu.

Menawarkan Bisnis Online Anda Kepada Angel Investor

Angel Investor adalah adalah perusahaan atau individu kaya-raya yang memberikan modal untuk bisnis perusahaan rintisan atau yang sedang bertumbuh, biasanya dengan imbalan obligasi konversi atau ekuitas kepemilikan. Anda dapat menemukan angel investor yang tidak hanya akan berinvestasi dalam start-up Anda, tetapi juga akan duduk di manajemen perusahaan Anda, termasuk menawarkan bimbingan, dan menyediakan akses ke jaringan kontak mereka.

Tempat-tempat untuk mencari angel investor bisa melalui Funded.com, Angel Capital Association, dan Angel Investment Network yang semuanya memiliki ribuan angel investor yang memberikan informasi tentang jenis investasi yang mereka cari.

Menawarkan Bisnis Online ke Situs Crowdfunding

Situs crowdfunding memberi Anda akses ke berbagai jenis investor – dari masyarakat umum dengan minat untuk berpartisipasi dalam paket investasi  termasuk kepada individu/filantropis yang percaya dalam membantu orang lain mewujudkan impian mereka seperti misalnya RocketHub, dan juga menawarkan kepada investor terakreditasi untuk mencari ide-ide baru untuk didanai seperti pada situs OurCrowd.

Setiap situs crowdfunding memiliki fokus dan cara memberikan insentif kepada investor, jadi pelajarilah dengan cermat untuk melihat mana yang paling selaras dengan sasaran strategis bisnis online Anda.